Sahur On The Road (SOTR) ala Sosialita Tania Maisara

0
264

Jakarta,NAWACITA-Banyak cara mendidik karakter anak.Salah satunya yang dilakukan sosialita Tania Maisara, yang mendidik anaknya dengan cara SOTR. Jum’at (31/5) pukul 00.25 WIB misalnya, dari rumahnya di bilangan Perumahan Graha Taman, Bintaro ia mengajak, Zio, putranya bersama sang suamin Emmanuel Alvino dengan membawa 3 mobil.

Satu mobil ditempati pasangan suami istri itu dan anaknya,Sementara dua kendaraan yang ikut membuntutinya berisikan paket makanan untuk santap sahur. Menurut Tania,Bulan Ramadhan diakui merupakan momentum terbaik orangtua kepada anak-anaknya dalam memberikan pendidikan budi pekerti, berempati, welas asih atau peduli lingkungan sekitarnya dalam hal berbagi meringankan penderitaan orag lain

“Makanya ketika saya bilang nanti malam Papa-Mama mau Sahur On The Road (SOTR), itu Zeo bukan main hebohnya, sebentar-bentar selalu nanya kapan jalannya, ma?” ungkap Tania Maisara.

“Memang sengaja kita ngak mau rame-rame, apalagi SOTR ini sebetulnya saya ingin menanamkan sama anak bahwa saling berbagi kebahagiaan sangatlah indah. Setidaknya dengan berempati yang tertaman sejak kecil pasti akan terus membekas hingga dewasa nantinya ya?” sambung Tania.

Bagi Zio, ini SOTR pengalaman pertama dalam hidupnya. Hanya saja Tania menceritakan, sesekali menyertakan anak untuk berkunjung ke panti yatim dalam hal menolong sesama, beramal dan bersedekah.

“Jadi papanya biasanya langsung menepikan mobil, begitu melihat ada anak jalanan dan saya memberikan uang. Andai di mobil ada makanan atau minuman juga saya berikan. Dengan contoh nyata maka si anak akan belajar bagaimana berempati dengan orang lain,” tuturnya.

Makanya sambung Tania, “Lihat sendirikan? Zio yang malah minta supaya mobil menepi, karena melihat ada gerobak pemulung.”

“Ma…? Besok bikin Sahur On The Road lagi ya? Zio suka, Zio bisa lihat dan ngomong sama mereka. Tapi Zio sedih lihat anak kecil masih dijalanan dan tidur di gerobaknya. Memang ngak punya rumahnya?” tanya Zio penuh kesedihan sambil kedua tangannya memegang pipinya.

Kegiatan sosial yang dilakukan pasangan suami istri, Alvino yang menyukai dunia otomotif serta doyan bercanda lewat karya Meme pribadi, bahkan sang istri tak jarang menjadi target Meme-nya.

Alvino mengatakan, lewat SOTR adalah bentuk lain untuk menanamkan berempati kepada orang lain, saling tolong-menolong, dan tidak mengecilkan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dari SOTR sama Zio, saya mau kasih lihat biar larut malam dijalanan masih banyak orang yang harus mengais rejeki, iya dari pemulung, sopir taksi atau tukang ojek. Saya percaya dengan pengalaman baru pasti welas asih akan terus melekat dan terbawa sampai Zio dewasa,” jelas Alvino si pemilik tiga mobil sport, dua MPV, dan tiga Moge ini.