Ibu Yana Zein Jual Mobil untuk Biaya Pemakaman

0
202
Ibunda Yana Zein, Swetlana Zein (Foto: Republika/Reja Irfa Widodo)

Nawacitapost.com – Artis sinetron, Yana Zein, akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Kamis (1/6) dini hari WIB, setelah lama berjuang melawan penyakit kanker payudara yang dia derita.

Artis yang memiiki nama asli Suryana Nurzaman Zein itu sempat berobat ke rumah sakit khusus kanker di Ghuangzou, Cina. Di Cina, Yana menghabiskan waktu hampir sekitar empat bulan. Yana pun baru kembali ke Tanah Air pada akhir pekan lalu. Namun, tiga hari setelah kembali dari Cina, kondisi Yana drop hingga akhirnya wafat.

Menurut Nita, asisten Yana Zein, Yana sempat mengaku sudah hampir sembuh untuk menyenangkan hati anak-anaknya, padahal penyakit kanker yang diderita Yana sebenarnya sudah menyebar ke mana-mana.

Nita menyampaikan, Yana pulang kembali ke Indonesia dari Cina pada Ahad (28/5) dan bersikap seolah sehat di hadapan keluarga. Jadwal kepulangan itu disebut Nita dipercepat oleh tim dokter dari rencana awal pada 30 Mei 2017.

Kejanggalan lain, sepekan sebelum bertandang pulang, Yana kerap meminta Nita mengantarnya berkeliling pasien sesama warga Indonesia di rumah sakit tersebut. Lantas, ia berpamitan kepada tiap pasien yang dikenalnya.

Sesampainya di Indonesia pun, Yana meminta Nita membelikannya pakaian serba kuning dari atasan hingga kaus kaki serta rambut palsu bergaya. Mendiang pun meminta Nita agar tidak banyak bercerita kepada sang ibunda dan anak-anak Yana mengenai kondisi penyakitnya secara detail.

“Semua dibohongi, seolah Mbak Yana sudah fresh. Mau menunjukkan ke anak-anak kalau dia sehat-sehat. Mohon doanya saja dari semua,” kata Nita mengenang Yana yang meninggalkan dua putri, Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine.

Artis berusia 44 tahun itu meninggalkan dua orang putri, Aurelia Callista Carilla (13 tahun) dan Alika Pandora Salvine (11 tahun).

Sempat beredar kabar, keluarga besar Yana Zein kehabisan dana untuk mengurus pemakaman Yana Zein. Saat ini, jenazah Yana Zein telah dipindahkan dari RS Mayapada ke Rumah Duka RSUP Fatmawati. Rencananya, Yana Zein akan dimakamkan pada Jumat (2/6).

Namun Ibunda dari Yana Zein, Swetlana Zein, mengungkapkan, seluruh kebutuhan dana untuk keperluan pemakaman Yana Zein sudah dapat dipenuhi. Hal ini lantaran dirinya telah menjual mobil dan sejumlah perhiasan.

”Ya itu, saya jual mobil dan sesuatu berharga. Jadi saya jual sesuatu yang berharga, seperti perhiasan. Sekarang saya sudah tidak punya perhiasan dan sebagainya,” tutur Swetlana kepada wartawan di Rumah Duka RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (1/6). (hadi)