Chuck Berry / Foto: Rolling Stones

Nawacitapost.com – Dunia musik berduka. Salah seorang pelopor rock ‘n roll, Chuck Berry, ditemukan meninggal di rumahnya oleh kepolisian St. Chalres di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, Sabtu 18 Maret 2017 pukul 13.26 waktu setempat. Chuck Berry meninggal di usia 90 tahun.

Kebenaran kabar ini secara langsung dikonfirmasi oleh kepolisian setempat, The St. Charles Country Police, melalui media sosial Twitter dan Facebook. Mereka menerima panggilan telepon darurat dan ketika sampai di lokasi, mereka menemukan Berry yang sudah tak sadarkan diri di rumahnya.

Dalam akun Facebook The St. Charles Country Police, mereka menjelaskan bahwa Berry yang saat itu tak sadarkan diri, segera diberikan pertolongan pertama. Tim kepolisian melakukan percobaan penyelamatan. Selama setengah jam lebih, upaya itu terus dilakukan oleh tim kepolisian setempat, namun sayang, nyawa Berry tak tertolong.

“Sayangnya, pria berusia 90 tahun itu tak terselamatkan dan dinyatakan meninggal pukul 13.26. Dengan rasa duka cita mendalam, kepolisian St. Charles mengonfirmasi meninggalnya Charles Edward Anderson Berry Sr. atau yang biasa dikenal sebagai musisi legendaris Chuck Berry,” ujar kepolisian.

Tim Kepolisian turut menuliskan bahwa saat ini, pihak keluarga meminta waktu pribadi untuk berkabung atas kepergian Berry. Belum ada informasi lebih lanjut, terkait penyebab kematiannya.

Chuck Berry lahir di St. Lous, Missouri, Amerika Serikat pada 18 Oktober 1926. Dia dikenal luas lewat rekaman lagunya seperti Maybellene (1955), Roll Over Beethoven (1956), Rock and Roll Music dan Johnny B. Goode  (1958).

Permainan gitar dan gaya khas ‘duck walk’ milik Berry, menjadi inspirasi musisi di seluruh dunia bahkan sampai sekarang. Pada masa jayanya, Chuck Berry sempat bersaing ketat dengan Jerry Lee Lewis yang memukau publik dengan penampilan permainan pianonya yang sangat atraktif. Jerry bahkan beberapa kali sempat ‘menendang’ single milik Berry dari puncak tangga nada lalu di Amerika Serikat.

Baca juga :  Satgas Himbau Daerah Pertahankan Tren Penurunan Pertambahan Kasus Covid-19

Namun masa kepopuleran Jerry Lee Lewis hanya berlangsung singkat. Karirnya hancur setelah publik mengetahui bila dia menikahi sepupunya sendiri, sesuatu hal yang dianggap tabu bagi masyarakat Amerika kala itu. Belakangan, Jerry terpaksa banting stir ke musik country. Berbeda dengan Berry, karirnya terus berkibar di masa keemasan rock n roll, dan tetap dikenal sebagai musisi rock ‘n roll hingga akhir hayatnya.

Bila Bill Haley dikenal sebagai Pelopor Rock and Roll, Elvis Presley dianugerahi gelar Raja Rock and Roll, maka Chuck Berry yang namanya masuk daftar Rock and Roll Hall of Fame tahun 1986 ini mendapat kehormatan sebagai Bapak Rock and Roll.

Musik Chuck Berry pun jauh mengangkasa. Lagu hitsnya tahun 1958, ”Johhny B. Goode” menjadi satu-satunya lagu rock and roll yang dimasukkan dalam ”Golden Record” yang dibawa pesawat Voyager ke ruang angkasa tahun 1977.

Keith Richard dari Rolling Stones adalah salah satu musisi yang mengidolakan Chuck Berry. Carl Wilson dari Beach Boys bahkan menirukannya.  Sedangkan John Lennon menyanjungnya dengan menyebut, ”Jika Anda mencoba memberi sebutan lain untuk rock and roll, Anda mungkin menyebutnya dengan nama ’Chuck Berry’.

Karena visi bermusiknya yang luar biasa, dalam film ”Back to the Future” (1985) dikisahkan secara parodi bahwa Chuck Berry mendapat inspirasi bermusik dari masa depan melalui penampilan Marty McFly (diperankan Michael J Fox) yang kembali ke masa lalu di sebuah pesta tahunan SMA.

Chuck Berry mengumumkan, pada Oktober tahun lalu saat berulang tahun ke-90, bahwa dia akan merilis album baru. Album yang diberi tajuk ”Chuck” beredar tahun 2017 dan menjadi album pertamanya dalam 38 tahun terakhir.

Dia antara segunung penghargaan yang diraihnya, beberapa yang paling menonjol adalah Grammy Lifetime Achievement Award tahun 1984, Kennedy Center Honors pada 2000, dan Sweden’s prestigious Polar Music Prize in 2014.

Baca juga :  Kenali Cara Penularan Hepatitis Jenis B,C,D yang Berbahaya

Dalam wawancara dengan ABC News beberapa tahun lalu, Chuck Berry diminta memilih satu lagu ciptaannya yang paling dia sukai tapi Chuck Berry tidak sanggup memilih.

”Setiap lagu itu adalah yang terbaik dari saya, begitu juga anak-anak saya,” katanya. (fajar)

 

Comments are closed.