Fornisel Prihatin Kegagalan Pemilu di 5 Kecamatan Di Nias Selatan

2
282

 

Jakarta, NAWACITA– Forum Nias Selatan (Fornisel) prihatin atas kejadian gagalnya pelaksanaan Pemilu 2019 di 5 (lima) kecamatan di Kabupaten Nias Selatan.

Adapun ke lima Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Lolowa’u, Kecamatan Toma, Kecamatan Mazino, Kecamatan Sidua Eri dan Kecamatan Somambawa.

Ketua Umum Fornisel Bahagia Dachi menyesalkan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan dan pihak-pihak yang tidak profesional menjalankan tugasnya dalam menyiapkan pelaksanaan pemilu pada tanggal 17 April 2019 yang berujung kegagalan di di kecamatan tersebut.

“KPU Nias selatan harus di evaluasi. Masak pesta demokrasi yang ditunggu masyarakat bisa gagal total pelaksanaanya,” ungkap Bahagia kepada Nawacitapost.com, Kamis (18/4).

Dilanjutkanya, KPU Pusat dan Provinsi sebaiknya melakukan sidak dan memanggil para komisioner KPU Nias selatan yang mengabaikan amanahnya dalam menjalankan tugas negara dalam penyelenggaraan pemilu.

“KPU Nias Selatan harus bertanggung jawab dan meminta agar para komisionernya diganti bila ditemukan unsur kesengajaan,” terangnya.

Ditempat berbeda, Beesokhi Ndruru Sekretaris Jenderal Fornisel meminta Bupati Nias Selatan melakukan evaluasi dan mengganti pegawai yang ada dilingkugan KPU Nias Selatan.

Selain itu pula, pihak Kepolisian dan Bawaslu segera menindaklanjuti temuan dan laporan dari masyarakat secepat mungkin agar semua pihak bisa menahan diri atas kejadian luar biasa ini.

“Pemilu ulang di 5 Kabupaten harus kembali dilaksanakan sesuai dengan pedoman dan peraturan serta UU Pemilu yang berlaku,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, para stakeholder di Nias selatan agar membangun 3K (Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi) untuk menuju perubahan yang lebih baik dimasa yang akan dating.

“Jangan sampai ada tindakan pelanggaran hukum oleh berbagai pihak atas tidak terbangunya 3K di Nias selatan baik antar pemerintah, organisasi, LSM maupun para tokoh masyarakat,” tandasnya.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan