Jakarta, NAWACITAPOSTFORJUBA (Forum Jurnalis Batak) didirikan atas kerinduan untuk kebersamaan antara sesama jurnalis Batak saling mendukung dan membantu sesama seprofesi.  Kamis (09/12) besok FORJUBA akan dideklarasikan Kamis (9/12/2021) di Sopo Marpikkir, Jakarta Timur.

Keterampilannya dalam berkomunikasi, tak heran banyak orang Batak yang menjadi jurnalis, advokat, diplomat, politisi, pendeta, pemabwa acara, jaksa, penceramah dan hakim. Tentu sajalah amat sangat kuat jika sesama jurnalis asal Batak itu saling sinergi, dan kekuatan makin purna jika terbangun kebersamaan.

Menariknya sejumlah jurnalis senior ada sini seperti; Ch Robin Simanullang, Jansen Sinamo, Panusunan Simanjuntak, Hasudungan Sirait, Tony Rons Hasibuan, Jonro I Munthe, Ludin Panjaitan, Darwin Situmorang.

Sudah tentu juga ketua umumnya, Jamida Pasaribu, sosok jurnalis yang setia diprofesinya.

Di FORJUBA tergabung banyak media, baik dari media umum, media komunitas Batak dan media Kristiani. Menengok ke belakang, niat untuk mendirikan wadah bagi jurnalis Batak sudah lama ada terpendam di hati para senior. Kerinduan itu dimulai sejak 19 Oktober 2018, pertemuan beberapa orang di Lapo Ondihon, Pramuka, Jakarta Timur mengungkapkan kerinduan tersebut, ingin ada wadah Batak. Alhasil, sepakat untuk mengundang teman-teman yang lain untuk berkumpul. Singkatnya lahir nama Forum Jurnalis Batak dengan proses yang tak mudah.

Selanjutnya digelar rapat pada Jumat, 6 Maret 2020, hal ini bisa disebut rapat perdana. Hadir waktu itu 14 orang, dan sepakat waktu itu menunjuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB). Ketua Jamida Pasaribu, Sekretaris Hotman J Lumban Gaol (Hojot Marluga), Bendahara Rifal Marbun. Sejak saat itu sudah dirancang segera deklarasi, namun kendala pandemi Covid-19, situasi menjadi berubah karena pertengahan Maret 2020 sudah diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar oleh pemerintah. Padahal, saat itu panitia belum sempat terbentuk dan rencana yang seogianya diskusi dan deklarasi dilaksanakan April 2020 pun batal. Rencana deklarasi tiga kali gagal. Di tengah perjalanan persiapan deklarasi yang beberapa kali direncanakan selalu gagal, namun KSB yang terpilih berupaya untuk mengurus legalitas.

Baca juga :  Bupati Tapanuli Utara Sambut Baik Sumbangsih Buku Dari Para Sahabat FORJUBA

 10 Februari 2021, dari Kementerian Hukum dan HAM dengan pengesahan badan hukum Perkumpulan Forum Jurnalis Batak disingkat FORJUBA. sejak diumumkan pemerintah Pandemi sudah mulai surut dan Jakarta di PPKM level 1. Atas alasan itu, KSB dengan segera mengusahakan menggelar deklarasi sederhana, sebelum melewati Tahun 2021. Maka acara Deklarasi dan Pelantikan Pengurus Forum Jurnalis Batak bisa digelar, dan dipilihlah hari Kamis, 9 Desember 2021.

Diharapkan, FORJUBA menjadi kekuatan untuk membangun. Tentu beberapa tokoh diundang hadir pada acara deklarasi. Akhirnya, kita berharap deklarasi yang sederhana ini bisa menjadi pertanggung-jawaban moral pada publik, bahwa FORJUBA hadir untuk membangun kebersamaan.