Cek Disini! 7 Manfaat Kesehatan dari Makan Bawang Merah Mentah

0
401

Jakarta, NAWACITAPOST – Hampir semua makanan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu masakannya. Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sedap dan kaya rasa, bawang merah ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan karena kaya kandungan gizi. 

Bawang merah yang memiliki nama ilmiah Allium cepa var ascalonicum (L) ini punya bau yang khas sehingga bisa menyedapkan masakan. Biasanya, orang-orang mengolah bawang ini dengan cara menumisnya bersama sayuran atau menggorengnya.

Menurut dr Lovneet Batra, makan bawang merah lebih baik karena kandungan antioksidan dan sulfurnya lebih tinggi Berikut ini manfaat kesehatan yang kamu dapatkan dari konsumsi bawang merah.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang adalah panganan yang kaya akan flavonoid dan tiosulfinat. Flavonoid dalam bawang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh Sementara itu, tiosulfinat diketahui menjaga konsistensi darah. Karena ini, risiko serangan jantung dan stroke dapat berkurang secara signifikan jika Sebuah laporan oleh Cambridge University Press, sebagaimana terdapat dalam artikel di juga mengatakan bahwa flavonoid yang ada dalam bawang merah membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

2. Memiliki potensi mencegah kanker

Kanker terbentuk dari sel-sel tubuh yang abnormal. Meski ahli kesehatan tidak mengetahui penyebab pastinya, mereka berpendapat bahwa paparan radikal bebas merupakan salah satu faktor risikonya.

Radikal bebas, yakni molekul yang ada pada polusi atau asap rokok, bisa menyebabkan stres oksidatif yang memicu kerusakan sel. Paparan radikal bebas dalam jangka panjang yang merusak sel bisa membuat sel jadi abnormal. Pada akhirnya menyebabkan sel tumbuh, berkembang tanpa kendali, dan membentuk tumor.

Tindakan pencegahan untuk kanker adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Bawang merah termasuk dalam deretan rempah kaya antiaoksidan yang memberi manfaat perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

3. Menyehatkan tulang

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu bawang mengandung 25,3 mg kalsium. Kalsium merupakan kandungan yang bagus untuk tulang. Menambahkan sayuran ini ke salad dapat membangun kesehatan tulang yang lebih baik.

4. Menyehatkan Mulut

Banyak dari kita menghindari makan bawang karena bau mulut yang ditimbulkannya. Akan tetapi bawang justru bagus untuk kebersihan mulut, lho. Tentu hal ini tak disangka-sangka Kawan Puan, bukan? Dengan kandungan vitamin C, mulutmu pun bisa menjadi sehat dan bersih. Jadi cukup kupas, makan, dan ulangi untuk mendapatkan kebaikan bawang.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Khasiat bawang merah untuk tubuh selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur kamu di malam hari.

Pasalnya, kandungan probiotik di bawang merah dapat mengurangi stres, sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan begini, kamu akan bisa lebih semangat dalam beraktivitas.

6. Membantu Mengobati Sariawan

Jika kamu mengalami sariawan yang mengganggu dan membuat makan maupun minum jadi tidak nikmat. Jangan dibiarkan, kamu bisa mengandalkan bawang merah untuk mengatasi masalah mulit yang umum ini.

Sariawan akibat infeksi jamur ini bisa disembuhkan dengan cara merebus bawang merah yang ditambahkan belimbing sayur, daun saga dan adas pulosari. Air rebusan ini berperan sebagai antiseptik yang efektif menyembuhkan sariawan serta mengatasi inflamasi dan peradangan yang terjadi dalam mulut.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain mencegah kanker, bawang merah juga dapat membantu kamu terhindar dari penyakit diabetes. Jika kamu memiliki kadar gula darah tinggi, mungkin kamu harus mencoba untuk mengonsumsi bawang merah secara rutin.

Pasalnya, kandungan sulfur pada bawang merah dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.