Karutan Salemba Varit Kembangkan Akselerasi Digital SIRATU SAMBA dalam Peringati HBP

0
150
Foto : Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan di Rutan Salemba

Jakarta, NAWACITAPOST – Rutan Kelas I A Salemba, Jakarta Pusat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 57 secara virtual. Yang mana diikuti oleh seluruh pejabat struktural baik di UPT Pemasyarakatan dan Divisi Pemasyarakatan di seluruh indonesia. Khususnya untuk Rutan (Rumah Tahanan) Salemba upacara dilaksanakan di aula lantai 3 gedung I yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural. Kepala Rutan (Karutan) Kelas 1 A Salemba, Jakarta Pusat Yohanis Varianto atau akrab disapa Varit sangat memaknai arti Hari Bhakti Pemasyarakatan.

Foto : Upacara HBP di Rutan Salemba

Varit memaknainya untuk memberikan motivasi kepada diri sendiri dan para jajarannya untuk menjadikan Pemasyarakatan lebih baik lagi. “Memaknai HBP ini semoga Pemasyarakatan ke depan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan maupun masyarakat dan stakeholder. Semoga Pemasyarakatan tetap memberikan warna yang nyata dalam pembenahan – pembenahan ke depan. Tentunya di Rutan Salemba berkomitmen untuk bisa mengubah image positive ke masyarakat luas terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Munarman Dapat Kado Istimewa Ramadhan, Rizieq Shihab Bak Mati Kutu

Foto : Karutan Salemba Yohanis Varianto

“Gebrakan nyata yang akan dilakukan ke depannya tentunya yang menjadi prioritas utama adalah pemberantasan narkoba, meminimalisir barang – barang terlarang masuk ke dalam Rutan dengan memperketat pintu utama, disiplin pegawai, integritas pegawai, deteksi dini dengan sering melakukan razia kamar hunian dan selalu bersinergi dengan APH lainnya dalam menjaga marwah Pemasyarakatan. Disamping itu juga tentunya tidak kalah penting mempersiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan agar setelah kembali ke masyarakat dapat diterima dan bisa berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” jelas Varit lebih lanjut.

Foto : Upacara HBP di Rutan Salemba

Varit pun memberikan gambaran bahwa bekal ilmu agama dan pengembangan diri bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi utamanya mental Warga Binaan Pemasyarakatan. “Memperbanyak bekal ilmu agama dan pengembangan diri dengan keterampilan, bakat dan minat mereka, dengan memperbanyak program kemandirian bekerja sama dengan instansi terkait. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tentunya Rutan Salemba akan mengembangkan akselerasi digital dengan pelayanan – pelayanan online yang akan mempermudah masyarakat mengakses pelayanan di Rutan Kelas I Jakarta Pusat,” terangnya.

Foto : Karutan Salemba Varit bersama Jajaran

Kepala Rutan ini pun tengah mengembangkan akselerasi digital di lingkungan Rutan Salemba. “Saat ini Rutan telah mengembangkan aplikasi SIRATU SAMBA (Sistem Informasi Rutan Kelas I Salemba) yang memberikan akses online. Berupa layanan kunjungan secara online, layanan e- Comerce untuk membantu mempromosikan hasil – hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan, layanan bantuan hukum dan juga layanan online. Yaitu informasi remisi dan integrasi (PB,CMB,CB) secara online. Semoga Pemasyarakatan kedepan semakin Jaya dan memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa dan negara ini,” tandasnya. (Ayu Yulia Yang)