Foto : Rapat Kerja MKKS SMP Se Kota Pekalongan

Pekalongan, NAWACITAPOST – MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Se Kota Pekalongan bersama – sama menciptakan inovasi baru. Tak lain dengan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) di bidang Kurikulum, Pengembangan SDM dan Humas. Hal itu terlihat dengan terselenggaranya Rapat Kerja (Raker) pertama untuk MKKS SMP Se Kota Pekalongan. Raker diisi dengan pemaparan dari Koordinator MGMP yang berjumlah 13 Koordinator. Raker diikuti oleh Kepala Sekolah SMP seluruh Kota Pekalongan.

Foto : Rapat Kerja MKKS SMP Se Kota Pekalongan

Ketua MKKS sekaligus Kepala SMPN 5 Kota Pekalongan Budi Suheryanto, S.Pd. mengatakan pada (17/01/2021). Bahwa adapun rapat kerja membahas inovasi baru yaitu pembentukan Pokja. “Jadi hari ini itu rangkaian ada dua rapat kerja. Hari ini adalah rapat kerja yang pertama MKKS SMP Kota Pekalongan tahun periode 2021 sampai 2022. Hari ini adalah presentasi pemaparan program – program dari bidang – bidang. Yaitu bidang kurikulum, bidang pengembangan SDM dan satu lagi bidang humas. Dan juga pemaparan dari Koordinator MGMP yang jumlahnya ada 13 Koordinator. Tujuan akhirnya adalah terbentuknya program kegiatan,” tuturnya.

Foto : Rapat Kerja MKKS SMP Se Kota Pekalongan

Menurut Ketua MKKS, pemaparan merupakan sarana untuk menampung segala macam masukan. “Jadi hari ini pemaparan, ada sedikit masukan. Nah nantinya akan dilanjutkan di rapat kerja yang kedua, itu pembahasan. Menjadi 3 kelompok, pokja (kelompok kerja). Kelompok kerja pertama kurikulum, kelompok kerja kedua tentang pengembangan SDM dan yang ketiga pokja tentang humas. Jadi dari 28 orang nanti kita bagi menjadi 3 pokja seperti itu. Targetnya jelas adanya kualitas sekolah – sekolah ya, adanya pemberdayaan kapasitas kepala sekolah yang betul – betul menguasai,” terangnya.

Foto : Rapat Kerja MKKS SMP Se Kota Pekalongan

“Dia sebagai manajer di sekolah. Dan juga kalau di lingkungan atas berarti dia kita pemimpin di kota. Kita kan yang istilahnya kolektif kolekgial, saling membantu satu sama lainnya. Mungkin ini inovasi baru. Karena kan biasanya langsung yang mengerjakan pengurus harian. Ini tidak. Jadi sudah pemilihan tanggal 3 maret, pemilihan ketua. Kemudian perlengkapan kepengurusan tanggal 6. Hari ini adalah untuk sekaligus pemberitahuan untuk SK Pengurus,” lanjut Kepala SMPN 5 Kota Pekalongan.

Baca juga :  Sambut Idul Fitri, Diskopukm Kota Bekasi Gelar Bazaar Ramadhan
Foto : Rapat Kerja MKKS SMP Se Kota Pekalongan

Lalu Budi Suheryanto pun menjelaskan bahwa hal ini langsung ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan. “Langsung ditandatangani Bapak Kepala Dinas. Ya berlanjut otomatis. Karena dari raker 1 dilanjut raker 2, berarti kan terbentuk program kerja. Lha dari program kerja itu dijabarkan masing – masing masuk ke MGMP. MGMP itu Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Kemudian dijabarkan lagi masuk ke sekolah – sekolah. Adanya peningkatan kualitas Guru, Kepala Sekolah dan Tenaga Kependidikan,” tandasnya. (Herdy Ramahwan/Ayu Yulia Yang)