RI-Kolombia Perkuat Kerja Sama ‘_Guerra Contras Las Drogas_

0
244

JAKARTA, NawacitaPost – Kerja Sama BNN RI dengan Kolombia khususnya Dirección de Antinarcóticos (DIRAN) atau Direktorat Anti Narkotika sudah terjalin sejak tahun 2016 melalui penandatanganan MoU di Jakarta dan Bogota. Hingga saat ini, kedua pihak terus meningkatkan sinerginya dalam upaya _Guerra Contras Las Drogas_ atau perang melawan narkoba.

Sebagai bentuk penguatan hubungan kerja sama kedua pihak, Duta Besar Kolombia untuk Indonesia yaitu Juan Camilo Valencia González melakukan kunjungan kerja di BNN, pada Kamis (4/3). Kedatangan Dubes Kolombia beserta jajarannya ini adalah untuk bertatap muka langsung dengan Kepala BNN yang baru yaitu Dr. Petrus Reinhard Golose.

Kepala BNN RI mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dubes Kolombia dan jajarannya atas kunjungan di kantornya. Jenderal bintang tiga ini mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan penanggulangan narkoba di Indonesia dan Kolombia baik operasi maupun diplomasi bersama.

Sementara itu, Dubes Kolombia mengaku sangat senang dengan kunjungannya ke BNN. Juan Camilo mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan bagian dari komitmennya untuk berpartisipasi dalam perang melawan narkoba.

Menurut Juan, narkoba merupakan ancaman yang sangat besar bagi dunia, terutama untuk generasi muda di negaranya dan juga di dunia. Dampak dari ancaman narkoba ini juga meresahkan dengan banyaknya masyarakat yang mengalami kesengsaraan, dan menjadi korban akibat ancaman narkoba.

Meski demikian, Dubes Kolombia ini mengatakan kondisi Kolombia semakin hari semakin membaik, dan tantangan ancaman narkoba bisa diatasi.

“Saat ini Kolombia menjadi negara yang berpengalaman dalam menangani ancaman narkoba, dan pengalaman ini bisa dibagikan dengan pihak Indonesia,” imbuhnya saat diwawancarai dalam podcast CNS Radio BNN.

Kepada Kepala BNN yang baru, Juan memberikan apresiasi yang tinggi karena BNN telah bekerja sangat keras dan cepat dalam menangani narkoba. Ia juga terus memberikan dukungan kepada BNN untuk tetap mempertahankan kinerja yang sudah baik dan melakukan perbaikan dalam rangka kontribusi untuk perang melawan narkoba. (FN)