Aksi Unras Kumala, Polres Serang Kota Terjunkan Puluhan Personel

0
130
Foto : Aksi Unras Kumala, Polres Serang Kota Terjunkan Puluhan Personel

Serang, NAWACITAPOST –  Aksi unjuk rasa (unras) dilakukan oleh Kumpulan Mahasiswa Lebak (Kumala) didepan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) pada 29 Desember 2020. Lalu sebanyak 75 personel jajaran Polres Serang Kota Polda Banten diterjunkan guna pengamanan aksi unras. Pengamanan dipimpin Kapolsek Curug AKP Dedi Rudiman, SH. selaku Perwira Pengendali Pengamanan beserta Kasubbag Dalops Bagops Polres Serang Kota AKP Kasmuri, SH., Kasat Sabhara Polres Serang Kota AKP R.Ampri, SH., Para Kanit, Paur dan anggota Polres Serang Kota dan Polsek jajaran.

Foto : Aksi Unras Kumala, Polres Serang Kota Terjunkan Puluhan Personel

“Hari ini, sebanyak 75 personel Polres Serang Kota dan Polsek jajaran melaksanakan pengamanan aksi unras yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengatasnamakan Kumala,” kata Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., melalui Kapolsek Curug AKP Dedi Rudiman, SH. selaku Padal Pengamanan saat diwawancara awak media di lokasi. Kapolsek juga menerangkan bahwa pengamanan ini dilakukan dengan simpatik, humanis dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). “Tahapan pengamanan pada hari ini harus sesuai SOP,” kata AKP Dedi.

Foto : Aksi Unras Kumala, Polres Serang Kota Terjunkan Puluhan Personel

Selanjutnya AKP Dedi menerangkan bahwa seluruh personel tidak ada yang membawa senjata api meskipun peluru karet. “Untuk seluruh personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang  membawa senjata api. Kami sudah pastikan tidak ada yang membawa senjata api,” terangnya. Dalam kesempatan tersebut, petugas menghimbau kepada masa aksi untuk mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Menggugat, Hilarius Duha Bisa Kalah?

“Seperti yang kita lihat dan ketahui bersama bahwa beberapa personel pengamanan membentangkan spanduk memberikan himbauan kepada masa aksi untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau hindari/dilarang berkerumun,” jelas Kapolsek. Pihaknya juga melaksanakan pengamanan dengan humanis. “Kita laksanakan pengamanan dengan humanis dan Alhamdulillah, selama pelaksanaan aksi berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenangan Hilarius Duha Terancam Gugatan Idealisman Dachi di MK

Sementara itu di tempat yang sama, Koordinator Lapangan (Korlap) Misbahudin saat diwawancara menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat kepolisian dari Polres Serang Kota. “Kami selaku korlap dalam aksi ini mengucapkan terima kasih kepada Polres Serang Kota yang telah mengawal kami dalam aksi unras ini,” ucapnya. Misbahudin lantas menjelaskan bahwa aksi unras ini menuntut terkait kinerja  Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten.

Foto : Aksi Unras Kumala, Polres Serang Kota Terjunkan Puluhan Personel

“Dalam aksi ini, kami mahasiswa yang tergabung dalam kumpulan mahasiswa Lebak menuntut kepada Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika untuk memprioritaskan pendidikan di Banten, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Banten, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Banten, mengentaskan angka kemiskinan, menyeriuskan penanganan Covid 19, meninjau ulang perizinan pertambangan yang akan merusak lingkungan masyarakat Banten,” tegas Misbahudin. Dari pantauan awak media, selama aksi unras berjalan dengan lancar aman dan kondusif. (TP/HUMAS)

BACA JUGA: Harapan Masyarakat Kepulauan Nias Perantauan, Kementerian Perhubungan Tambah Armada Laut