Wanita Hebat di Indonesia Kini

0
1132
Foto : Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati

Jakarta, NAWACITAPOST – Ada beragam wanita hebat di Indonesia. Istilahnya dulu Kartininya Indonesia. Kini pun ada salah satu wanita hebat di Indonesia. Inspiratif, mungkin kata inilah yang cocok disematkan pada salah satu sosok wanita asal Tasikmalaya, Nicke Widyawati. Pasalnya nama Nicke Widyawati bergandengan dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani masuk dalam jajaran ‘100 Most Powerful Woman’ versi majalah Forbes.

Foto : Ratu Elizabeth II

Nicke diketahui menempati posisi ke-25. Sementara Sri Mulyani duduk di urutan ke-78. Tak kalah membanggakan, posisi wanita asal Tasikmalaya ini mampu saingi tokoh dunia sekelas Ratu Elizabeth II. Dalam daftar ‘100 Most Powerful Woman’ versi majalah Forbes, Ratu Elizabeth II mengamankan posisinya di urutan ke-46. Sebagaimana Forbes menilai, prestasi Nicke saat dirinya menjadi Chief Executive Officer (CEO) Pertamina.

BACA JUGA: Nawacitapost Apresiasi Prestasi Sosok KSP Moeldoko

Nicke mampu menorehkan prestasi hingga Pertamina tahun 2019 memperoleh pendapatan sebesar 55 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp775,3 triliun. Dan pendapatan bersih sebesar 2,5 miliar dolar Amerika atau Rp35,2 triliun. Meski dunia bahkan Indonesia dilanda pandemi, Nicke mampu meningkatkan ekspektasi investor. Yakni dengan menargetkan adanya peningkatan pendapatan Pertamina sebesar 45 persen.

Foto : Menteri Keuangan Sri Mulyani

Nicke Widyawati merupakan perempuan yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat 25 Desember 1967. Kini, Nicke merupakan Direktur Utama Pertamina, sejak 30 Agustus 2018 lalu. Nicke merupakan alumni dari SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Setelah lulus SMA, Nicke melanjutkan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan mengambil jurusan teknik industri.

BACA JUGA: Tri Rismaharini, Calon Kuat Menggantikan Menteri Sosial Juliari P. Batubara?

Selanjutnya, Nicke menyelesaikan pendidikan masternya di Universitas Padjajaran dengan mengambil jurusan Hukum Bisnis, dan lulus tahun 2009. Nicke memulai karir di usianya yang ke-21, ketika dia masih menjadi mahasiswa S1. Karir pertamanya dia lakoni sebagai salah satu karyawan di Bank Duta Cabang Bandung. Setelah itu, Nicke sempat bekerja di PT Rekayasa Industri. Bahkan dia terlibat dalam beberapa proyek bekerjasama dengan Pupuk Sriwijaya di Palembang, Lhokseumawe, Cilegon, dan Malaysia.

Foto : Wanita Hebat di Indonesia Kini

Kemudian, Nicke berkarir di Mega Eltra yang merupakan BUMN yang fokus bergerak di bidang listrik. Lantas Nicke berhasil menduduki sebagai direktur utama di tempat tersebut. Prestasinya yang cemerlang, membuat Nicke ditarik ke PLN. Lalu menduduki posisi sebagai Direktur Pengadaan Strategis I tahun 2014. Tahun 2017, Nicke memulai karir di Pertamina.

Foto : Direktur Utama Nicke Widyawati

Tidak tanggung – tanggung, Nicke menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia serta pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan, dan Infrastruktur. Baru saja beberapa bulan menjabat, Nicke diangkat menjadi Direktur Utama Pertamina yang juga Nicke merangkap sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Yang mana pada waktu itu terjadi pencopotan 5 direksi Pertamina. Kala itu dipimpin oleh Direktur Utama Elia Massa Manik. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Juliari Batubara Langka Tak Butuh Kekayaan, Nasihat Orang Tua Ingatkan Berguna bagi Bangsa dan Negara