Realisasikan Lulusan SMKN 5 Miliki Keahlian Neutika Tingkat IV

0
286
Foto : Gedung SMKN 5 Tanjungpinang

Tanjungpinang, NAWACITAPOST – Lembaga pendikan formal Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Tanjungpinang mendambakan realisasi kelulusan neutika tingkat IV dengan miliki keahliannya. SMKN 5 yang konsentrasi di bidang kelautan, pelayaran dan perkapalan, diminta kepala sekolah memastikan lulusan SMKN 5 memiliki sertifikat keahlian neutika tingkat IV. Jangan hanya memegang ijazah umum semata. Demikian dikatakan sejumlah orang tua siswa yang dihimpun wartawan Nawacitapost.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas

SMKN yang digadang – gadang miliki program pendidikan unggulan bidang maritim dan neutika atau kata lainnya pelayaran dan perkapalan mencetak tenaga kerja terdidik dan terlatih, bidang pelayaran dan perkapalan. Informasi yang dihimpun di berbagai kalangan, ternyata belum memiliki kualifikasi sertifikasi keahlian neutika  berjenjang. Tidak memiliki standarisasi pelayaran nasional. Anggota Komisi IV DPRD Kepri Wahyu Wayudin, SE. MM., beberapa bulan lalu mengatakan.

BACA JUGA: Gatot Nurmantyo Kelabui Publik, Pura – Pura Setuju Omnibus Law?

Management sekolah Kelautan (pelayaran) dan perkapalan jangan dibiarkan tidak memiliki keahlian neutika tingkat empat. Ini kebutuhan anak kepri yang hidup di laut. Berdasarkan data PPS wilayah pemerintah provinsi Kepri 98 persen meliputi wilayah laut. Jadi siswa SMKN 5 generasi Kepri harus dibekali ilmu, keterampilan dan keahlian bersertifikasi,” tegas Wahyu.

BACA JUGA: Rizal Ramli Adu Domba Polri dan TNI?

Lebih jauh dikatakan. Bila hanya izazah umum lebih baik sekolah SMA saja. Tidak perlu menghambur – hamburkan biaya sekolah dari orang tua. Perlu digarisbawahi SMK kelautan atau pelayaran dan perkapalan harus jadi contoh. Karena berada di ibukota provinsi Kepri. Jadi kepala sekolah jangan tinggal diam. Ini masa depan generasi kita,” lanjut Wahyu. Saat dikonfirmasi Kadisdik (Kepala Dinas Pendidikan) provinsi Kepri  Dr. Moh Dali terkait kualifikasi dan sertifikasi keahlian neutika berjenjang, di SMK 5 sampai saat belum ada jawaban. Selalu jawabannya dinas luar.

BACA JUGA: Kepala Daerah Tolak Omnibus Law, Mau Terus Korupsi dan Pungli?

Saat dikonfirmasi ke kepsek SMKN 5 Drs. Zulkarnain terkait lulusan sekolah kelautan dan perkapalan, tidak berada di tempat kerjanya. Ketika dihubungi via telpon selulernya, hanya ada ungkapan lagi sibuk. Lantas bagaimana sikap pemerintah daerah (pemda) provinsi Kepri dibawah kendali plt. Gubernur Kepri Drs. H. Isdianto? Apakah mampu menghantarkan peserta didik SMK maritim untuk dapat pengakuan pelayaran negara dan IMO? Sehingga lulusan SMK kelautan dan perkapalan di Tanjungpinang mampu  bersaing di bursa kerja bidang pelayaran baik tingkat Nasional maupun  internasional. Lihat saja nanti. (na)

BACA JUGA: Marissa Haque Cari Panggung Pakai Omnibus Law?