Kakanwil Maluku Andi Nurka Siap Majukan Kanwil ke ZI WBK

0
164
Foto : Kakanwil Maluku Andi Nurka

Jakarta, NAWACITAPOST – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku siap maju ke Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Demikian penjelasan dari Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Provinsi Maluku, Andi Nurka di ruang kerjanya, pada (2/10/2020). Termasuk juga menjadi acuan memperbaiki jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Karyadhika.

Foto : Kakanwil Maluku Andi Nurka

Menurut Andi Nurka dari keseluruhan wilayah teknis termasuk kantor wilayah diajukan 20 unit pelaksana teknis. Dan yang tembus masuk ke Tim penilaian Nasional oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPANRB) sebanyak 13 unit teknis. Saat ini telah melewati tahapan kelima dari 10 tahapan penilaian yang harus dilalui. “Untuk wilayah Maluku termasuk lumayan. Karena dari 10 tahap ke 13 unit teknis ini telah melewati 5 tahap dan tinggal menunggu tahapan 6 sampai dengan 10,” ujarnya.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Dikatakan oleh Andi Nurka bahwa penilaian ini dilakukan oleh MenPANRB Indonesia. Yang mana Wilayah Bebas Korupsi adalah bentuk penilaian terhadap seluruh ruang lingkup dan tugas pekerjaan dari unit teknis dalam kantor Kemenkumham. WBK itu semua dinilai, dari pelayanannya, semua faktor pelayanan, parkirannya, jalur masuknya, jalur komunalnya dan standar operasionalnya yang ada di masing – masing unit pelaksana teknis harus jelas.

Foto : Kakanwil Maluku Andi Nurka

Andi Nurka menambahkan. Kalaupun ada biaya PNBP harus tertera secara jelas. Termasuk jumlah hari pelayanan yang dilakukan. Karena pelayanan saat ini rata – rata telah menggunakan online. Kakanwil Andi Nurka berharap mudah – mudahan sampai akhir tahun 2020 ke 13 unit pelaksana teknis yang telah berada pada tahap 5 penilaian Nasional bisa sukses adanya.

Foto : Kakanwil Maluku Andi Nurka

Andi Nurka mengatakan lagi. Di seluruh Indonesia yang menjauhkan penilaian WBK ini kurang lebih sebanyak 520 satker (satuan kerja). Mulai dari unit eselon 1 Kanwil Kemenkumham dan unit pelayanan teknis. Menurutnya dengan kerja keras dari seluruh staf yang ada maka dirinya sangat optimis. Separuh dari 13 unit yang saat ini telah duduk pada tahapan penilaian kelima ini bisa tembus atau setidak – tidaknya mencapai 70 persen. Yang mana bisa memperoleh predikat unit pelayanan teknis WBK. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Idealisman Dachi Maksa Menguasai Mobil Dinas?