Kakanwil Sultra Sofyan Memperkuat Sistem Pengelolaan Anggaran dan BMN

0
166
Foto : Kakanwil Sultra Sofyan

Jakarta, NAWACITAPOST – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) memperkuat sistem pengelolaan anggaran dan aset barang milik negara (BMN). Tak lain agar bisa memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Tentunya juga sebagai penghargaan terhadap Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Karyadhika.

Foto : Kegiatan Kakanwil Sultra Sofyan

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Sofyan mengatakan pada 19 Agustus 2020. Langkah yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan predikat WBK dan WBBM adalah terus melakukan pembenahan. Terlebih dengan memberikan penguatan pengelolaan baik anggaran maupun BMN kepada seluruh jajarannya.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

“Pada hari ini Kanwil Sultra kedatangan dua Biro sekaligus (Biro keuangan dan Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI). Maksud kedatangan beliau – beliau ini adalah dalam rangka penguatan untuk menuju Kanwil Sultra. Tentunya untuk meraih Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Karena keterkaitan antara pelaksanaan predikat WBK itu harus lebih baik lagi,” kata Sofyan di Kendari.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Abaikan Sektor Pariwisata dan Perikanan Nias Selatan?

Sementara, Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Wisnu Nugroho Dewanto mengungkapkan bahwa Kanwil Kemenkumham Sultra berada di posisi ketiga. Yakni terkait pengelolaan keuangan, meskipun ada beberapa catatan yang harus diperbaiki ke depannya.

Foto : Kegiatan Kanwil Kemenkumham Sultra

“Seperti indikator kinerja pasangan anggaran yang harusnya berimbang ketika dia berada di posisi serapan anggaran di nomor 3, harusnya di 5 besar. Tapi kok ini berada di urutan ke-15. Jadi ada hal – hal yang perlu diperbaiki masalah indikator yang harus diperhatikan kita bersama,” kata Wisnu usai memberikan pengarahan kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra.

BACA JUGA: Kepala Daerah Tolak Omnibus Law, Mau Terus Korupsi dan Pungli?

Wisnu berharap Kemenkumham Sultra bisa memberikan kontribusi positif terhadap penyerapan anggaran di tingkat nasional dalam hal ini Kemenkumham yang tahun ini, sudah mencapai posisi 52,22 persen serapan anggarannya.

Foto : Kegiatan Kakanwil Sultra Sofyan

Senada dengan Kepala Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Haris Sukamto mengungkapkan. Kemenkumham Sultra dalam melakukan pengelolaan BMN sudah dinilai baik. “(Namun) dalam rangka mendorong menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, maka perlu dikuatkan lagi terhadap pengelolaan asset yang ada di Sulawesi Tenggara. Supaya Sulawesi Tenggara benar – benar memberikan nilai positif bagi Kementerian dan mampu mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi,” pungkas dia. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas