Kakanwil Aceh Zulkifli Buka Pendidikan Kesetaraan dan Pelatihan Kemandirian

0
138
Foto : Kakanwil Aceh Zulkifli

Jakarta, NAWACITAPOST – Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Karyadhika Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuat Kantor Wilayah (Kanwil) yang dikepalai oleh Kepala Kanwil (Kakanwil) terus membuat program – program yang beragam. Layaknya Kakanwil Aceh Zulkifli. Dirinya bersama jajaran membuka pendidikan kesetaraan dan pelatihan kemandirian pada 6 Oktober 2020.

Foto : Kegiatan Kakanwil Aceh Zulkifli

Pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi. Diantaranya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anak Pesisir Kecamatan Madat Aceh Timur dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur melalui Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (PPNF) Aceh Timur. Telah melaksanakan kerjasama melakukan Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A, B, dan C. Yang mana bekerjasama dengan Lembaga Permasyarakatan (Lapas)  Kelas II B Aceh Timur bagi Warga Binaan (WB) sebanyak 100 orang pada awal programnya.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Laporan Kalapas Kelas II B Idi, Eka Priatna. Bclp, S.Sos, M.Si di hadapan Kanwil Kemenkumham Aceh dan para undangan menjelaskan. Ada 100 orang warga binaan yang telah melengkapi syarat ikut pelatihan dari 363 orang di Lapas Kelas II B Idi. Nantinya terus akan bertambah yang akan mengikuti pendidikan kesetaraan dan pelatihan kemandirian. Yang mana dibuka Kakanwil Kemenkumham Aceh yang bekerja sama Lapas Kelas IIB dengan PKBM Anak Pesisir ,”katanya.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas

Eka Priatna juga menyebutkan. “Program ini akan terus dilakukan di Aceh Timur sejalan dengan apa yang telah kita sepakati jauh hari sebelumnya antara pihak Lapas Kelas II B Idi dengan pihak PKBM Anak Pesisir Madat. Semoga warga binaan nantinya pada saat keluar dari rutan ini memiliki ijazah. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga binaan untuk keperluan umum, termasuk live skill yang ada dimiliki setiap warga,” katanya.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Maksa Menguasai Mobil Dinas?

Nurbayani. S.Pd.i, Ketua PKBM Anak Pesisir Madat menyampaikan. “Terima kasih atas hadirnya Kakanwil Kemenkumham Aceh dan seluruh undangan serta seluruh jajaran Lapas Kelas II B. Kami berharap kepada Pemeritah Aceh Timur bersama PKBM Anak Pesisir agar terus memperhatikan para warga binaan. Juga dapat membuat program keterampilan atau kerajinan, bagi Warga Binaan Lapas agar terus dapat berlangsung,” jelasnya.

BACA JUGA: Gatot Nurmantyo Kelabui Publik, Pura – Pura Setuju Omnibus Law?

Saiful Basri, S.Pd. M.Pd, Kadisdikbud Aceh Timur, atas nama Bupati Aceh Timur menyambut baik kerjasama yang telah dibangun antara Lapas Kelas IIB Idi dengan PKBM Anak Pesisir Madat. Yang mana telah mempersiapkan berbagai materi pembelajaran bagi WB untuk terus mendapat ilmu pengetahuan setara yang sama dengan pendidikan formal.

Foto : Kakanwil Aceh Zulkifli

“Atas nama Pemerintah Aceh Timur dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur akan terus mengupayakan segala bentuk dukungan agar program kerja PKBM tetap dapat berjalan sejalan dengan harapan semua maayarakat termasuk warga binaan Lapas,” ujar Saiful.

BACA JUGA: Bareskrim Tangkap KAMI, Ternyata Ngeri Percakapannya, PKS Justru Minta Bebaskan

Kanwil Kemenkumham Aceh, Zulkifli, SH.MH, dalam arahanya seraya membuka giat Pendidikan Kesetaraan dan Pelatihan Kemandirian Lapas Kelas II B Idi dengan PKMB Anak Pesisir Madat. “Saya berharap kerjasama bentuk pengembangan pendidikan bagi Warga Binaan di Lapas Idi terus dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan antara Warga Binaan dan lembaga Lapas dan lembaga PKMB,” ungkapnya.

BACA JUGA: Calon Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi Tak Hafal Pancasila

Zulkifli, pada kesempatan tersebut meminta semua pihak untuk dapat open dengan komunitas warga di Lapas. “Semoga bisa open untuk dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun anak bangsa dalam mentransfer ilmu pengetahuan bagi Warga Binaan mendapat keterampilan atas pembentukan karakter dalam menjalankan kehidupan kemandirian,” terangnya.

Foto : Kegiatan Kakanwil Aceh Zulkifli

Giat tersebut juga dibarengi dengan memberikan santunan. Yakni diberikan kepada sejumlah anak yatim di seputaran Lapas Kelas II B Idi oleh pihak Kanwil Kemenkumhan dan Staf Lapas Idi. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Kepala Daerah Tolak Omnibus Law, Mau Terus Korupsi dan Pungli?