Kakanwil Sumut Sutrisno Suguhkan Inovasi Pelayanan Bersama

0
144
Foto : Kakanwil Sumut Sutrisno

Jakarta, NAWACITAPOST – Warga sekitar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), kini dapat menikmati pelayanan publik dengan lebih mudah dan nyaman. Sutrisno, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sumut memprakarsai Inovasi Pelayanan Bersama. Semata – mata dilakukan demi terwujudnya pelayanan sesuai harapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna. Terlebih juga dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Dharma Karyadhika.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Inovasi Pelayanan Bersama diresmikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto pada 19 Agustus 2020. Menurut Sutrisno, Pelayanan Bersama memudahkan masyarakat untuk mengurus pelayanan publik di Kanwil Sumut.

BACA JUGA: Jargon Kampanye Idealisman Dachi Dipilih Tak Dipilih Pasti Menang, Melebihi Tuhan?

“Dulu, pelayanan publik di Kanwil Sumut ada di beberapa lantai. Sekarang masyarakat ga perlu lagi naik ke lantai dua, tiga, dan empat, cukup disini (lantai dasar). Memang belum sempurna, tetapi kita terus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk masyarakat,“ ujar Sutrisno. Lebih lanjut Sutrisno menjelaskan. Masyarakat kini dapat menikmati seluruh pelayanan publik di Kanwil Sumut dengan mudah dan nyaman.

Foto : Kakanwil Sumut Sutrisno

“Seluruh pelayanan publik di Kanwil Sumut dapat dilakukan di Pelayanan Bersama. Mulai dari KI (Kekayaan Intelektual) seperti paten, dan merek; Administrasi Hukum Umum (AHU) seperti fidusia, kenotariatan, dan kewarganegaraan; dan keimigrasian, seperti perpanjangan izin tinggal terbatas (Itas), izin tinggal tetap (Itap), dan surat keterangan keimigrasian (Skim),” terang Sutrisno. Kemudian ada pelayanan Pemasyarakatan, lanjutnya, seperti Sentra Monitoring System, yakni sistem laporan dan keluhan masyarakat akan pelayanan pemasyarakatan; informasi SDP (Sistem Data base Pemasyarakatan) yang dapat memberikan info sisa masa tahanan; dan JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum.

Foto : Inovasi Pelayanan Bersama Kanwil Kemenkumham Sumut

“Kanwil Sumut juga menyediakan ruang konsultasi hukum. Dan bagi ibu menyusui, atau yang memiliki anak balita, Kanwil Sumut menyediakan ruang bermain anak, dan ruang laktasi. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, mereka bisa membawa anak-anak sambil mengurus pelayanan publik di Kanwil Sumut,” jelas Sutrisno.

BACA JUGA: Gatot Nurmantyo Kelabui Publik, Pura – Pura Setuju Omnibus Law?

Sementara, pada saat peninjauan setelah meresmikan Pelayanan Bersama Kanwil Sumut, Sekjend Kemenkumham menginstruksikan. Agar seluruh pelayanan publik di lingkungan Kanwil Sumut didaftarkan ke dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Sehingga masyarakat dapat mengakses pelayanan publik di Kanwil Sumut dengan mudah melalui SIPP. Mendengar hal tersebut, Kakanwil menyatakan kesiapannya untuk mendaftarkan pelayanan publik yang di Kanwil Sumut ke SIPP. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas