Kakanwil Babel Anas Saeful Anwar Berkomitmen Beri Layanan Terbaik ke Masyarakat

0
177
Foto : Kakanwil Babel Anas Saeful Anwar

Jakarta, NAWACITAPOST – Revolusi layanan terus dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Bangka Belitung (Babel) demi memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, baik itu layanan di bidang Hukum maupun Hak Asasi Manusia (HAM). Khususnya disaat penambahan usia Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Karyadhika. Tentunya berusaha semaksimal mungkin mewujudkan impian Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna.

Foto : Kakanwil Babel Anas Saeful Anwar

Percepatan layanan harmonisasi Rancangan Produk Hukum Daerah terus ditingkatkan. Ddari yang semulanya memakan waktu 2 bulan kerja, namun sekarang proses harmonisasi sudah dapat diselesaikan dalam kurun waktu 13 hari kerja saja. Sehingga peran Kanwil dapat dirasakan oleh stakeholder secara langsung.  Inovasi lainnya adalah membuat digitalisasi pelayanan, yang mana dulunya pelayanan harus datang ke Kanwil, sekarang sudah tersedia aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi dinamai PORSIBEL (Portal Aplikasi Kanwil Kemenkumham Babel).

PORSIBEL, aplikasi digital ini sudah berjalan lebih dari 3 bulan. Dampaknya sudah dirasakan luas seluruh Indonesia. Dengan aplikasi digital dari Kanwil Kemenkumham Babel dapat membuat yang jauh jadi semakin dekat. Yang rumit jadi semakin mudah, dan yang lambat jadi semakin cepat.  JFT Penyuluh Hukum di Kanwil juga membuka layanan konsultasi hukum secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Yang mana merupakan inovasi konsultasi di masa pandemi Covid 19.

Foto : Aplikasi

Masyarakat dapat mengakses link zoom meeting untuk bertanya masalah seputar hukum. Yang mana dibuka setiap hari Jumat pukul 08.30 – 11.00 dan dianjutkan pukul 13.30 – 16.00 WIB. Layanan penyelesaian masalah HAM yang dialami oleh masyarakat juga terus ditingkatkan sebagaimana tertuang dalam mars Kemenkumham. Yakni yang berbunyi “Menjadi Panglima dalam Melindungi Hak Asasi Manusia”.

Foto : Aplikasi

Secara tegas Kepala Kantor Wilayah, Anas Saeful Anwar mengintruksikan kepada seluruh jajaran. Tak lain untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kemudian juga berkomitmen untuk menjadikan Kanwil sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Atas dasar itu terlihat banyak peningkatan yang dilakukan di Kanwil, baik dalam sisi pelayanan maupun integritas pegawai.

Foto : Kakanwil Babel Anas Saeful Anwar

“Ada beragam pelayanan dapat dinikmati masyarakat. Karena memang kami berkomitmen terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat khususnya Bangka Belitung. Diantaranya Percepatan Harmonisasi Raperda, Konsultasi Hukum Online, Layanan Konsultasi Hukum Virtual, Pengajuan Pelantikan Online, CUMASI (Cuma Untuk Menyampaikan Aspirasi) dan One Stop Services PORSIBEL. Kami pun masih akan terus meningkatkan inovasi yang ada. Bahkan akan berusaha menambah lagi inovasi lainnya,” tutur Anas pada 24 Oktober 2020. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?