Foto : Bukti penyelundupan ganja

Banceuy, NAWACITAPOST – Usaha penyelundupan barang terlarang di lapas atau rutan masih terus terjadi. Bahkan usaha penyelundupan ganja seberat 15,06 gram berhasil digagalkan. Tak lain oleh petugas jaga pos menara Lapas Kelas IIA Lapas Banceuy, Selasa 09 Juni 2020. Ganja ditemukan bersama satu bungkus paper cigarette yang terbungkus dalam bungkusan karton warna putih. Penemuan merupakan salah satu wujud komitmen. Terlebih dalam pemberantasan peredaran narkoba di dalam lapas. Kemudian juga terus berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat (Jabar). Yakni untuk tindak lanjut penemuan dan terus meningkatkan keamanan. Diujarkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan, Reyhard Silitonga.

Foto : Bukti penyelundupan ganja

Penemuan berawal ketika petugas jaga pos menara melakukan kontrol keliling sekitar pos pada pukul 06.00. Saat berkeliling, petugas jaga menemukan benda mencurigakan. Benda terbungkus karton warna putih di aliran pembuangan air. Temuan langsung dilaporkan ke komandan jaga. Kemungkinan barang dilempar dari luar tembok lapas. Setelah diperiksa ternyata bungkusan berisi ganja dan paper cigarette. Seketika langsung berkoordinasi dengan Badan Narkotika Kota Bandung untuk proses lebih lanjut. Dijelaskan oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banceuy, Tri Saptono Sambudji. Tri juga mengungkapkan akan terus meningkatkan keamanan di dalam lapas. Salah satunya dengan penambahan tinggi pagar dan memperketat pemeriksaan barang bawaan pengunjung.(Ayu Yulia Yang)

Baca juga :  Rutan Kelas IIB Tanjung Pura Kanwil Kemenkumham Sumut Berkerjasama Dengan Polres Langkat, Menggelar Vaksinasi Lanjutan Covid-19 Dosis Pertama, Kedua dan Booster