Cara Menghilangkan Stres Mental, Gini Caranya!

2
33
Foto : Ilustrasi Bernyanyi

Jakarta, NAWACITAPOST – Hai guys, ada kabar yang menyenangkan nih. Terutama buat yang hobinya nyanyi. Hobi nyanyi baik buat kesehatan mental. Apa saja?

BACA JUGA: Sofyan Djalil, Enam Kali Menteri Pernah Jaga Masjid dan Jual Telur Itik, Sang Ayah Tukang Cukur

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Melawan stres

Salah satu manfaat bernyanyi adalah mengurangi stres. Terbukti melalui sejumlah penelitian menunjukkan. Kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi. Selain itu, juga merasa lebih santai, senang, nyaman, lega dan suasana hati juga membaik. Kondisi juga berlaku bagi seseorang yang dalam kesehariannya tidak begitu suka menyanyi.

BACA JUGA: Kuliah Ikatan Kedinasan Poltekip Poltekim Kemenkumham Sudah Dibuka, Ayo Daftar!

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Menyingkirkan mood negatif

Bernyanyi bersama teman atau kelompok paduan suara diketahui dapat meredam dan mengatasi mood negatif. Seperti kecemasan dan rasa sedih. Suatu penelitian juga membuktikan. Orang yang bergabung dengan grup vokal atau paduan suara rupanya mengalami perbaikan kesehatan mental. Dapat tercegah dari gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

BACA JUGA: Bukan Saatnya Lagi, Takut dan Khawatir akan Rampok?

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Mengurangi gejala Baby Blues

Kegiatan bernyanyi dapat membantu ibu yang baru melahirkan. Mencurahkan perasaan dan emosi serta mengekspresikan dirinya. Bernyanyi bersama – sama dalam sebuah grup atau komunitas bahkan dapat membantu mengurangi gejala Baby Blues.

BACA JUGA: 10 Trik Jitu Lulus CAT Kedinasan dan CPNS

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Mencegah demensia

Bernyanyi melibatkan berbagai fungsi otak yang melibatkan organ lain. Seperti telinga, pita suara, dan bagian tubuh lain jika memainkan alat musik. Ternyata berdampak positif pada seseorang yang sedang dalam pengobatan demensia. Kegiatan bernyanyi dan memainkan alat musik ternyata dapat merangsang jaringan saraf otak. Tak lain untuk bekerja lebih aktif. Saat bernyanyi, otak akan menggali memori. Yakni untuk melafalkan lirik dari lagu – lagu yang pernah didengar. Bagi penderita demensia, kesadaran mampu mengingat dapat memberi harapan dan perasaan positif.

BACA JUGA: 67 Tahun Yasonna Laoly : Bermakna, Berkesan dan Berpesan bagi Semua. Berikut Testimoni Para Tokoh !

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Menjadi ajang untuk bersosialisasi

Bernyanyi dalam kelompok atau bergabung dengan paduan suara dapat menjadi sarana yang baik. Terutama untuk membina hubungan sosial. Dalam sebuah penelitian, para anak dan dewasa yang bergabung dalam kelompok bernyanyi memiliki kedekatan dan kepedulian sosial lebih tinggi.

BACA JUGA: Yasonna, Wajah Nias Batak, Ayahnya Pernah Dagang Minyak Goreng

Foto : Ilustrasi Bernyanyi
  1. Menambah kepercayaan diri

Bernyanyi adalah salah satu kegiatan yang baik. Terlebih untuk mengekspresikan diri dan meluapkan emosi. Demikian juga turut bermanfaat dalam menambah kepercayaan diri seseorang. Tak perlu harus bersuara emas atau merdu untuk bisa mendapatkan manfaat bernyanyi. Siapapun yang ingin melepas stres dan memperbaiki kesehatan mentalnya bisa melakukannya.

BACA JUGA: Luhut Binsar, Rona Wajah Batak, Dahulu Ayahnya Sopir, Miskin, Kini Menteri Maritim Investasi

Foto : Ilustrasi Bernyanyi

Ayo, mulai sekarang, coba bernyanyi guys. Jangan malu – malu. (Ayu Yulia Yang)

BACA JUGA: Bulan Juni, Bulan Bung Karno : Pancasila, Dasar Dinamis dan Ideologi