Hendro Mantan Ka BIN : Bukan Rasis, Keturunan Arab, Janganlah Jadi Provokator

0
433
Foto : Mantan Kepala BIN, Hendropriyono

Jakarta, NAWACITAPOST – Permasalahan rasis memang sepertinya masih terus berkelanjutan. Bahkan, sampai membuat Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sekaligus Mantan Ketua Umum (Ketum) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Hendropriyono atau biasa dkenal Hendro tak bisa tahan bicara. Meminta Warga Negara Indonesia (WNI) keturunan Arab agar tidak menjadi provokator. Ucapan semata – mata bukanlah untuk bermaksud rasis.

Foto : Mantan Kepala BIN, Hendropriyono

Menurutnya, para WNI keturunan Arab kerap dihormati dan dimuliakan oleh sebagian warga Indonesia. Dia mengimbau.  Mendapatkan kehormatan bukanlah untuk menjadi sebuah permainan. Justru bersama menjaga kondusivitas negara. Bisa membawa bangsa ke arah ketenangan. Kemudian merasakan terayomi. Sehingga enak beribadah, bekerja, menuntut ilmu, mencari makan dan lain sebagainya.  Dikatakan di rumah dinas Ketua MPR Bambang Soesatyo, Jalan Widya Chandra III, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Foto : Ilustrasi Keturunan Arab

Hendro pun lantas meminta WNI keturunan Arab tidak mempengaruhi masyarakat untuk melakukan revolusi atau membuat onar. Pasalnya dirinya menilai sebagian masyarakat Indonesia cenderung percaya penuh. Terlebih terhadap apapun yang diucapkan WNI keturunan Arab. Kenyataan penilaian tentunya dengan melihat fenomena yang ada. Tidak mungkin juga menggunakan warga etnis Cina. Memang lantaran sedikit masyarakat yang mau menghormati dan mengikuti seruannya. Dirinya hanya meminta pengertiannya. Apabila menilai ucapan termasuk rasis, berarti tidak sungguh dalam memahami. (Ayu Yulia Yang)