Ekspor Nonmigas Surplus, Kemendag: Kita Targetkan Lampauhi Target Hingga Akhir Tahun

0
28
kata menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Ist)

 

Jakarta, NAWACITA– Pemerintah mengoptimalkan peningkatkan ekspor nonmigas dalam tiga bulan terakhir ditahun 2018. Dalam rilis yang dikeluarkan oleh Kementrian Perdagangan bahwa ekspor nonmigas telah surplus pada September 2018 sebesar 1,3 miliar dolar AS.

“Kita menginginkan ekspor nonmigas tahun ini melampauhi target. Sisa waktu di akhir tahun ini akan kita dorong peningkatannya,” kata menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam keterangan pers yang disampaikan kepada awak media, Senin (5/11).

Hingga triwulan ketiga ditahun 2018 kata Mendag, pertumbuhan ekspor nonmigas dilatarbelakangi oleh permintaan yang meningkat dari pasar negara tujuan.

Bila di hitung sejak Januari-September 2018, ekspor Indonesia ke China tumbuh 26,9 persen, Jepang 18,1 persen, Taiwan 34,1 persen, Korea Selatan 18,6 persen, Vietnam 23,7 persen, dan Bangladesh 19,5 persen.

“Peningkatan ekspor tersebut tidak hanya menunjukkan pertumbuhan yang signifikan namun juga diprediksi dapat mendukung pencapaian target ekspor nonmigas tahun ini,” ujar Mendag.

Beberapa komoditas utama ekspor nonmigas yang memberikan kontribusi terbesar terhadap peningkatan ekspor selama Januari—September 2018 antara lain besi dan baja (HS 72), bijih kerak dan abu logam (HS 26), berbagai produk kimia (HS 38), kertas per karton (HS 48), dan bahan bakar mineral (HS 27).

 

 

(Red: Bee, sumber Ant)

Tinggalkan Balasan