DPP PAN Segera Gantikan Posisi Taufik Kurniawan Sebagai Pimpinan DPR RI

0
74
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. (Foto: Ist)

Jakarta, NAWACITA– Partai Amanat Nasional (PAN) segera mengirimkan surat  kepada pimpinan dewan untuk menggantikan posisi Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR.

Politisi PAN ini sedang menjalani pemeriksaan dan penahanan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

DPP PAN berencana mengajukan pergantian Taufik pada masa Sidang Kedua tahun Sidang 2018-2019 yang akan dimulai pada 21 November 2018 mendatang.

“Kami sudah mengajukan. DPP sepakat menggantikan posisi Taufik sebagai pimpinan DPR RI. Rencananya pergantian akan digelar saat persidangan mendatang,” ucap Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada awak media, Jakarta, Sabtu (10/11).

Dijelaskanya, proses pergantian pimpinan DPR dari perwakilan partainya sedang dikomunikasikan dengan pimpinan DPR lainya. Beberapa tahapan telah dilakukan sesuai dengan mekanisme dalam pergantian seorang pimpinan DPR.

Pimpinan DPR sendiri lanjut Edy, telah menyampaikan syarat pengunduran jabatan seseorang sebagai pimpinan DPR. Ada tiga unsur yaitu meninggal dunia, putusan hukum yang telah mengikat dan mengundurkan diri.

“Nanti kami akan berkomunikasi dengan Pimpinan DPR sebelum surat itu kami sampaikan mengenai proses yang akan dijalankan. Namun kami secara internal akan mengajukan surat untuk pergantian itu pada saat masa persidangan dimulai,” ujarnya.

Eddy berharap, setelah masa reses berakhir dan masa persidangan dimulai DPR sudah bisa mendapatkan pimpinan dewan DPR yang baru.

 

 

(Red: Restu, sumber TS)

Tinggalkan Balasan