Ditjen Imigrasi Sosialisasikan Regulasi Keimigrasian dan Kekonsuleran Terkini Kepada Ratusan Perwakilan Negara Sahabat

2
75
Ditjen Imigrasi Sosialisasikan Regulasi Keimigrasian dan Kekonsuleran Terkini Kepada Ratusan Perwakilan Negara Sahabat

Jakarta, NAWACITA – Perubahan dan perkembangan regulasi Keimigrasian terkini menjadi sebuah alasan bagi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri untuk mengundang ratusan Perwakilan Asing yang ada di Indonesia dalam Rapat Koordinasi Perwakilan Asing di Jakarta pada Selasa (13/8).

Melalui forum ini, ditekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi dalam penyebaran informasi terkait peraturan keimigrasian dan kekonsuleran kepada Warga Negara Asing.

Forum Rakor Perwakilan Asing ini dapat menjadi ajang berbagi informasi di antara Ditjen Imigrasi dan Perwakilan Asing sehingga tercapai kesepahaman. Ditjen Imigrasi juga berharap adanya dialog yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: Siapkan SOP Baru, SesditjenPAS Minta Jaga Kewibawan Lapas Nusakambangan

Beberapa regulasi terbaru yang akan didiseminasikan kepada Warga Negara Asing, di antaranya: Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2019 tentang tarif keimigrasian, Peraturan Presiden Nomor 20 tahun 2018 tentang penggunaan tenaga kerja asing, Peraturan Menkumham Nomor 16 tahun 2018 tentang prosedur permohonan visa dan izin tinggal bagi TKA, dan Surat Edaran Dirjen Imigrasi tentang penyampaian akses dan notifikasi konsuler kepada Kemenlu. Hal ini berkaitan dengan WNA yang menjalani proses pendetensian.

Baca Juga: Jelang HUT RI, WBP Lapas Ambon Siapkan Tarian & Padus WBP

Di samping itu, juga akan disosialisasikan perkembangan teknologi informasi keimigrasian terkini berupa Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) versi 2.0. Hal ini merupakan perwujudan program Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Lapas Watampone Raih Penghargaan dari KPPN Watampone

Dirjen Imigrasi mengharapkan kehadiran Warga Negara Asing akan memberikan dampak yang positif. Dirjen Imigrasi juga berharap peningkatan kerja sama di antara Ditjen Imigrasi dan Perwakilan Asing akan diikuti pula dengan komitmen kepatuhan kepada Regulasi Keimigrasian yang berlaku.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan