Ditemui Dubes Myanmar, Kemenkumham Siap Bantu Persoalan Pengungsi Rohingnya

0
78
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly memberikan cendramata kepada Dubes Myanmar Mrs. Ei Ei Khin Aye saat berkunjung di Kantor Kemenkumham.

Jakarta, NAWACITA– Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna Hamonangan Laoly menerima kunjungan Duta Besar Republik Persatuan Myanmar untuk RI H.E. Mrs. Ei Ei Khin Aye di ruang kerjanya beberapa waktu lalu (17/12).

Kedangan Dubes Myanmar ini dalam rangka memintah pemerintah Indonesia untuk ikut terlibat dalam mencari solusi keberadaan pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Indonesia.

”Pemerintah mempunyai kepedulian terkait masalah Rohingya ini. Upaya kerjasama akan dilakukan dengan pemerintah Myanmar agar menghasilkan solusi,” terang Laoly.

Selain itu pula kata Menteri Yasonna, Kemenkumham dibawah kepemimpinanya membuka sangat terbuka untuk berdiskusi dengan Pemerintah Myanmar dalam mencari solusi atas permasalahan ini.

Sebagai informasi, 20 WN Myanmar etnis Rohingya masuk ke wilayah Indonesia melalui perairan Aceh Timur pada awal Desember 2018. Alasan mereka adalah untuk mencari keselamatan dan keamanan.

Dalam hal ini, Kantor Imigrasi Kelas II Langsa telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan LSM setempat untuk mengatasi para pengungsi tersebut.

Selain permasalahan pengungsi, Menkumham dan Dubes Myanmar juga membahas mengenai WN Myanmar yang masuk ke Indonesia secara ilegal.

“Kami datang kesini untuk memfasilitasi proses pemulangan para tahanan,” ucap Ei Ei Khin Aye. “Pemerintah Myanmar juga sedang membangun infrastruktur yang disiapkan untuk mereka,” sambungnya.

Hadir mendampingi Menkumham, Penasehat Linggawaty Hakim, Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie dan Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Ajub Suratman. Sementara Dubes Myanmar didampingi oleh Second Secretary Ms. Nyein Ei Phyu.

 

 

(Red: Faiz, sumber Kemenkumham)

Tinggalkan Balasan