Dibangun Hingga Ribuan, Presiden Meminta BUMD Perhatikan Pasar Rakyat

0
28
Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Rakernas Asparindo 2018, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (12/12) siang. (Foto: AGUNG/Humas)

Jakarta, NAWACITA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pembangunan pasar di desa telah membantu ekonomi masyarakat di pedesaan.

Dalam kurun waktu empat tahun, Pemerintah telah membangun kurang lebih 2660 pasar di seluruh tanah air dan plus 6.500 pasar desa. Ditahun 2018 ditargetkan kembali di 1500 an pasar.

“Pasar desa penting, walaupun kecil-kecil namun sangat bermanfaat sekali bagi warga desa,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) Tahun 2018, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (12/12) siang.

Menurut Presiden, pasar rakyat memang memerlukan sebuah perhatian khusus agar eksistensi pasar betul betul tetap bisa survive di tengah gempuran supermarket-supermarket, pasar pasar modern yang hampir semua ada di sudut kota.

“Sebetulnya dari sisi kompetisi, persaingan produk-produk yang dijual di pasar tradisional itu bisa bersaing,” tutur Presiden.

Kepala Negara membandingkan harga produk di pasar tradisional saat dirinya blusukan ke Pasar Bogor, beberapa waktu lalu, dimana kangkung dijual Rp1.500, dan bayam juga Rp1.500. Sementara harga di hypermart untuk kangkung Rp3.400, bayam kurang lebih sama Rp3.500.

Artinya, menurut Kepala Negara, secara daya saing pasar kita ini menang tetapi memang jangan dibiarkan pasar ini kumuh, becek, tidak ada tempat parkir, dan tidak rapi.

“Ini tugas dari kementerian, tugas dari pemerintah untuk memperbaiki dan juga tugas BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), tugas swasta untuk menarik agar konsumen, pembeli tetap mau datang ke pasar,” ujar Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Mensesneg Pratikno, Menkominfo Rudiantara, dan Ketua Umum Asparindo Joko Setyanto.

 

 

(Red: Bee, sumber Setkab)

Tinggalkan Balasan