Kota Bekasi, NAWACITAPOST.COM – Melalui slogan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bekasi Bangkit menjadi motivasi tersendiri untuk menggeliatkan roda ekonomi dikalangan pengrajin dan UMKM lokal, hal tersebut disampaikan Ketua Dekranasda Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto dalam siaran pagi ini di Radio Dakta 107 FM, Bekasi Jaya, Bekasi Timur.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bekasi: Update Laporan Covid 19 Per 20 September 2022

Berkolaborasi dengan Dinas terkait, Dekranasda berupaya menggali potensi gemilang dari para kalangan UMKM yang ada di Kota Bekasi. Melalui program-program tepat guna seperti pembinaan serta pelatihan dan perluasan pasar.

Selain pengembangan Sumber Daya Manusia, Dekranasda menyusun berbagai strategi untuk membangkitkan UMKM pada 2022 dengan menghadirkan pojok galeri di berbagai instansi, pemasaran melalui mall-mall, toko swalayan modern dan perluasan promosi melalui sarana digital.

Wiwiek Hargono Tri Adhianto juga menyampaikan baru-baru ini bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bekasi, para pelaku UMKM juga mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas.

Diharapkan melalui pembinaan dan pelatihan yang baik serta masif dapat menigkatkan kompetensi dan produktivitas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan kesejahteraan bagi keluarga.

“Ini untuk membantu UMKM kita dalam meningkatkan kompetensi dan produktivitas agar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, sebagai penopang perekonomian untuk terwujudnya ketahanan keluarga, mewujudkan visi Kota Bekasi yang sejahtera,”jelas Wiwiek Hargono Tri Adhianto.

Di samping itu, pelatihan terhadap UMKM fesyen pun digenjot, karena sangat potensial. Seperti, melatih perajin mendesain kain eco printing menjadi pakaian siap pakai. Dengan pembuatan pakaian ready to wear, diharapkan bisa mengangkat harga produk perajin.

“Fesyen kita juga sangat potensial. Kita punya jaket dari pengrajin kulit kita dikombinasikan dengan ecoprinting, batik-batik dengan motiv khas kita, digaleri kita juga ada beragam produk, mulai dari bros cantik hingga sepatu yang dihasilkan dari tangan-tangan terampil pengrajin kita,” beber Wiwiek Hargono

Baca juga :  Bulan Pahlawan, Relawan MA-Mujiaman Gagas Gerakan 'Suroboyo Wani Maju lan Resik'

Ditempat yang sama Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Satia Sriwijayanti
mengatakan pemerintah sangat mendukung kebangkitan ekonomi pelaku UMKM, dimana dimasa pandemi Covid-19 perekonomian tidak berjalan dengan baik, pelaku UMKM mengalami berbagai kesulitan.

Melalui pembinaan dan pelatihan yang intensif diharapkan ini mendorong UMKM kita menjadi bangkit. Selain itu dengan sepenuh hati pemerintah juga terus berupaya supaya UMKM dapat terus berkreasi, dan berinovasi untuk mengembangkan produknya semakin baik serta menarik pasar.

Sumber: Adv.Humas

Tinggalkan Komentar