www.nawacitapost.com
Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si.

Jayapura, NAWACITAPOST.COM – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022, DPR Papua menggelar sejumlah lomba secara umum yakni Turnament Futsal dan Lomba Perahu Hias pada Selasa, (16/08/22).

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Papua Hadir Pada Rapat Paripurna Istimewa Dengarkan Pidato Presiden 

Kegiatan Lomba Perahu Hias Bagi masyarakat yang nota bene sebagai Nelayan ini, dibuka secara langsung oleh Ketua DPRP Jhony Banua Rouw, SE bersama Wakil Ketua III DPRP Yulianus Rumbairussy, SSos, MM, Sekretaris DPRP  DR Juliana J Waromi, SE, MSi bertempat di Halaman Belakang Kantor DPR Papua yang disaksikan Tamu Undangan serta Masyarakat yang sejak pagi memadati Pelataran halaman DPR Papua.

www.nawacitapost.com

Turut menyaksikan secara langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua, Anthonius M. Ayorbaba, SH.,M.Si. Kakanwil Kemenkumham Papua rencananya menghadiri Undangan Resmi DPRP Papua guna menghadiri secara langsung Rapat Paripurna DPRP Papua mendengar Pidato Presiden Republik Indonesia.

Namun sebelumnya Kakanwil secara langsung mengikuti dan turut menyaksikan Perlombaan Perahu Hias dalam rangka memperebutkan Piala Ketua DPRP Papua. Ketua DPRP Jhony Banua Rouw dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, DPR Papua membuat sejumlah event atau pertandingan baik internal maupun eksternal.

Untuk eksternal yakni dimulai dari Turnament Futsal yang akan memperebutkan piala bergilir Ketua DPR Papua dan hadiah uang tunai,”Kami harap sebelum 16 Agustus, semua perlombaan sudah selesai semua. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada 16 Agustus pada rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI. Untuk Juara I Futsal akan diberikan Piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 15 juta,” Tegas Banua Rouw.

Baca juga :  Deteksi Dini Penyakit Menular, Kalapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Instruksikan Jajarannya Laksanakan Skiring Kesehatan

“Sedangan untuk Lomba Perahu Hias kata JBR sapaan akrab Jhonny Banua Rouw akan dilaksanaka pada 16 Agustus 2022 pagi ini dan setelah selesai, peserta lomba perahu hias akan diajak bersama-sama mengikuti sidang paripurna istimewa DPR Papua mendengar pidato kenegaraan yang direncanakan pukul 12.00 WIT, Kami mau supaya masyarakat juga dapat merasakan bagaimana suasana Sidang di DPRP,” ujarnya.

Sementara secara  internal, lanjut Jhony, DPR Papua menggelar sejumlah event perlombaan memeriahkan HUT RI ke 77 untuk keluarga besar DPR Papua, diantaranya lomba makan kerupuk, tarik tambang, fashion show, tiktok dan lainnya. Kegiatan ini, jelas JBR untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga besar DPR Papua, baik antar pegawai dan keluarga, sehingga lebih dekat sehingga dapat mendukung kinerja dan saling membantu dan memperkenalkan DPR Papua. Tentunya yang terpenting bahwa DPR Papua itu tidak boleh jauh dari rakyat dan bentuk hal tesebut salah satunya yaitu dengan adanya event ini.

www.nawacitapost.com

Kakanwil Papua, Anthonius M. Ayorbaba yang juga merupakan Putra Asli Papua disela-sela Perlombaan Perahu Hias mengatakan event yang digelar ini merupakan bagian dari Ekspresi Budaya Tradisional dan menjadi tanggungjawab dalam Perlindungan Kekayaan Intelektual.

Menurut Ayorbaba dengan Semangat Nasionalisme dan membangun persatuan dan kesatuan Bangsa dari Tanah Papua, Masyarakat mengekspresikan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 Tahun dengan apa yang ada pada mereka.

“Kita boleh lihat aktifitas Masyarkat yang berada di Wilayah pesisir Pantai juga mengambil peran penting untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di tahun ini,” Ungkap Ayorbaba (16/8).

Menurut Ayorbaba, hal yang positif ini patut didukung dan tentu akan menumbuhkan banyak kreatifitas dan Inovasi-inovasi dari Masyarakat dan juga Warga Kota Jayapura untuk terlibat dalam nuansa Budaya untuk menyambut Kemerdekaan RI.

Baca juga :  Laksanakan Sholat Idul Fitri Bersama Warga Binaan, Karutan Kelas IIB Tanjung Pura Kanwil Kemenkumham Sumut Bagikan Remisi Kepada 175 Warga Binaan

Apresisiasi dan terima kasih kepada Ketua DPRP Papua dan semua unsur Pimpinan DPR Papua juga Gubernur Papua dalam hal ini Sekda Provinsi Papua yang sudah hadir bersama Asisten I Setda Provinsi papua dan mendukung. Hal ini menjadi sesuatu yang harus diprogramkan dengan baik.

“Jikalau iven ini dikemas dengan baik tentu akan menarik minat banyak Wisatawan lokal bahkan Manca Negara dalam momentum HUT Kemerdekaan RI maupun HUT Provinsi dan Kabupaten/Kota yang bisa menyuguhkan sebuah penampilan tetapi juga menampilkan eksotik nilai budaya untuk dinikmati oleh Masyarakat,” ujar Ayorbaba.

“Dari Gedung DPRP Papua, saya Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 Tahun, Maju terus, bangkit Lebih Cepat, Pulih Menjadi kuat, Indonesia Jaya, Indonesia maju dan Papua Pulih,” Pungkas Anthonius M. Ayorbaba.