Nawacitapost.com

Banjarbaru, NAWACITAPOST.COM – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi didampingi Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto dan Kepala LPKA Kelas I Martapura, Rudi Sarjono serta Kepala LPN Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo mengunjungi pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar, Jum’at (05/08). Kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat sinergitas antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Banjar terkait operasional UPT Pemasyarakatan yang ada di Kabupaten Banjar sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan menemui langsung orang nomer satu di Kabupaten Banjar, yakni sang Bupati.

Baca Juga: Bapas Adalah ‘Pabrik Kebermanfaatan’, Siap Asah Kreatifitas dan Keterampilan Klien Pemasyarakatan Banjarmasin

Kedatangan Kanwil Kemenkumham Kalsel diterima langsung oleh Bupati Banjar, Saidi Mansyur dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah Kab. Banjar, Achmad Zulyadani bertempat di Pendopo Kediaman Bupati Banjar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan. “Kami sengaja hadir untuk bertemu dengan Bupati Banjar untuk mempererat tali silaturahmi. Sekaligus kami menyampaikan terkait asset milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang saat ini telah dibangun menjadi Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan dan status kami adalah meminjam. Sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI untuk segera melakukan sertifikasi atas tanah yang dipakai sehingga perlu dukungan dari Pemkab Banjar untuk dapat menghibahkan tanah tersebut sehingga bisa menjadi objek Barang Milik Negara Kementerian Hukum dan HAM,” ujar Lilik.

Nawacitapost.com

“Kami juga mendorong Pemerintah Kabupaten Banjar untuk dapat berpartisipasi dalam Desa Sadar Hukum dan Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Kami berharap Kabupaten Banjar pada akhir tahun 2022 nanti menjadi salah satu yang mendapat sertifikat Kabupaten/Kota peduli HAM dimana pembinanya adalah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan,” tambahnya.

Baca juga :  Kembangkan Paten Dalam Negeri, DJKI Bersama Kemenkumham Kalsel Gelar Asistensi

Bupati Banjar, Saidi Mansyur sangat menyambut baik atas kedatangan dari Kanwil Kemenkumham Kalsel dan berkomitmen untuk berpartisipasi dalam Desa Sadar Hukum dan Kabupaten/Kota peduli HAM. “Kami sangat berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel beserta jajarannya dan kami selalu siap untuk memberikan dukungan terkait tanah yang saat ini dipakai LP Narkotika Karang Intan. Pemerintah Kabupaten Banjar selalu berkomitmen untuk memenuhi hak-hak dasar masyarakat,” ucap Saidi Mansyur.