CILEGON, NawacitaPost.com Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon melakukan Pembersihan Situ Rawa Arum bertempat di Situ Rawa Gerem Grogol Kota Cilegon, Kamis (04/08).

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian yang hadir pada kegiatan tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon. “Dalam hal ini, atas nama Walikota Kota Cilegon memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon beserta OPD terkait, Komunitas Lingkungan, LSM dan masyarakat sekitar diharapkan dapat menjadikan Kota Cilegon bersih dari sampah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Helldy menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Cilegon dalam pimpinan Helldy – Sanuji memasuki 1 Tahun 6 Bulan telah berhasil merubah sampah menjadi co firing batubara. “Pemerintah Kota Cilegon dalam pimpinan Helldy – Sanuji selama 1 Tahun 6 Bulan, saya sampaikan bahwa keppres 35 Tahun 2018, Presiden Joko Widodo sudah menunjuk 12 Kabupaten / Kota se-Indonesia untuk merubah sampah menjadi energi terbarukan dengan COP 26 / 27 dan Alhamdulillah dengan bantuan PLTU, pada Tahun 2021 bulan April kami ketemu, kemudian di bulan Agustus kita MoU, selanjutnya di bulan November sudah dibuatkan pabrik kecil sampah dengan kapasitas 1,6 ton per hari, dan di bulan Desember sudah ada hasilnya,” jelas Helldy.

“Diketahui, 12 Kabupaten / Kota itu, belum berjalan maksimal, Kota Cilegon belum pernah ditunjuk oleh Jokowi tapi sudah menghasilkan, dan pada tanggal 30 Juni kemarin, kami dipanggil di Bali langsung MoU dengan PLN dalam rangka PLN memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Cilegon dengan tanah 6000 yang kami sudah siapkan ini adalah pabrik sampah terbesar di Indonesia dan pertama kali di Indonesia, bentuknya adalah cofiring bahan bakar pendamping batu bara dengan 1 ton nya harganya sama dengan 1 ton batu bara,” sambungnya lagi.

Baca juga :  Kemenkumham Beri Remisi Khusus Bagi 6.707 Napi

Dalam kesempatan itu, Helldy ingin menjadikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon. “Pembersihan yang dilakukan hari ini merupakan impian masyarakat Rawa Arum yang selama ini sudah disampaikan oleh Pak Husain, kami juga mohon maaf tidak semua bisa kami selesaikan dalam waktu yang singkat, oleh sebab itu dengan dilakukannya kegiatan pembersihan kali ini kita ingin mewujudkan tempat ini sebagai tempat destinasi wisata di kota Cilegon,” katanya.

Di akhir sambutannya, Helldy berharap dengan hadirnya Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata di Kota Cilegon mampu meningkatkan perekonomian di Kota Cilegon. “Saya berharap setelah dibersihkannya Situ Rawa Arum dapat dijadikan sebagai destinasi wisata Cilegon yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kota Cilegon,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon,  Aziz Setia Ade Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembersihan Situ Rawa Arum merupakan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021. “Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pelayanan kebersihan dengan membuat program bersih-bersih lingkungan, langkah ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dilakukan secara sistematis dan tercapainya keseimbangan lingkungan serta kesejahteraan manusia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Aziz menyampaikan bahwa maksud kebersihan lingkungan adalah menciptakan keadaan bebas dari kotoran baik berupa debu, sampah ataupun bau. “Karena seyogyanya maksud kebersihan lingkungan itu sendiri adalah keadaan bebas dari kotoran baik berupa debu, sampah dan bau, hal tersebut didasari dari kondisi pada beberapa fasilitas umum di Kota Cilegon yang kebersihannya masih harus ditingkatkan lagi,” jelasnya.

“Oleh sebab itu, dengan adanya program bersih-bersih lingkungan yang digerakkan oleh Dinas Lingkungan Hidup beserta OPD terkait, Komunitas Lingkungan, LSM dan masyarakat sekitar diharapkan dapat menjadikan Kota Cilegon bersih dari sampah,” sambung Aziz.

Baca juga :  Penerimaan Dokumen Bantuan untuk Komunitas Generasi Remaja (GenRe)

Aziz juga mengatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon sudah melaksanakan kegiatan gerakan bersih-bersih lingkungan, dimulai dari kebersihan kali di sekitar pasar kranggot, kemudian kali medaksa, dan hari ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon akan melakukan bersih-bersih di lingkungan situ rawa arum, setelah bersih-bersih di situ rawa arum ini tentunya akan melanjutkan pembersihan di sejumlah di sejumlah kali yang ada di wilayah Kota Cilegon.

akhir sambutannya, Aziz memohon dukungan agar supaya Program ini dapat terus berjalan. “Untuk keberlanjutan program pada Dinas lingkungan hidup yang bertajuk bersih-bersih ini, kami mohon dukungannya agar Program ini dapat terus berjalan demi meningkatnya kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam hal ini adalah tentang kebersihan lingkungan, karena dengan terciptanya lingkungan bersih dan tertata merupakan salah satu program prioritas daerah yaitu peningkatan mitigasi bencana dan pengendalian dan pengawasan lingkungan hidup untuk mewujudkan Cilegon Baru Modern dan Bermartabat,” pungkasnya.(FN)

Tinggalkan Komentar