CILEGON, NawacitaPost.comPemerintah Kota Cilegon melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Cilegon menyelenggarakan kegiatan pembinaan SDM penerima hibah lembaga keagamaan pada Pemerintah Daerah Kota Cilegon Tahun 2022 yang berlokasi di Aula Setda II, Senin (04/07).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian didampingi Asisten Daerah (Asda) I Setda Kota Cilegon, Tatang Muftadi dan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kota Cilegon, Rahmatullah, yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dana hibah secara simbolis kepada Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kota Cilegon, DKM Masjid Nurul Amal dan DKM Masjid Jami Al-Falah.

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab pelaporan dana hibah. “Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terkait dengan kewajiban pengurus lembaga keagamaan dalam membuat dan menyampaikan laporan bantuan hibah serta sebagai salah satu langkah untuk menambah wawasan dan pengetahuan pengurus lembaga keagamaan terutama dalam proses pengajuan, penggunaan dan pelaporan dana hibah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy meminta kepada penerima hibah untuk mengelola dana hibah secara transparan dan sebaik mungkin. “Pemberian bantuan hibah untuk masjid ini merupakan salah satu program kami, jadi kami minta agar penggunaan dana hibah ini dapat dilakukan secara transparan sebab ini adalah uang negara yang harus dipertanggung jawabkan dan di publish secara terbuka kepada masyarakat,” ucapnya.

Helldy berharap pemberian hibah ini dapat memberikan manfaat bagi lembaga keagamaan untuk merealisasikan kegiatan yang direncanakan. “Saya berharap semoga dana hibah ini dapat memberikan manfaat yang baik kepada lembaga yang menerima, sehingga dengan bantuan ini diharapkan kegiatan – kegiatan yang direncanakan dapat segera direalisasikan,” ungkapnya.

Baca juga :  Penyerahan KKS serta Penyaluran Bantuan Sosial PKH

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Cilegon, Rahmatullah menjelaskan monitoring telah dilakukan kepada lembaga keagamaan yang menerima bantuan dana hibah. “Beberapa minggu yang lalu, kami telah melakukan monitoring kepada lembaga – lembaga yang telah menerima bantuan hibah dari pemda kota Cilegon, dan kedepan kami akan lanjutkan monitoring kembali bagi penerima hibah yang saat ini kami kumpulkan dengan tujuan agar laporan penggunaan hibah tersebut dapat segera dilengkapi dan disampaikan kepada bagian kesra kota Cilegon,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kegiatan Pembinaan Penerima Hibah ini diikuti oleh 75 orang yang terdiri dari utusan pengurus DKM Masjid, pengurus Madrasah, Yayasan dan lembaga keagamaan lainnya se- kota Cilegon yang diisi dengan Narasumber dari Inspektorat dan BAPPEDA Kota Cilegon.(FN)