Beesokhi Ndruru, Chritian Zebua, Faahakhododo Maruhawa, Marselinus Ingati Nazara, dan Sokhiatulo Laoli

Jakarta, NAWACITAPOST.COM – Pemilu serentak bukan hanya Pilpres, Pilkada, tetapi juga Pileg. Khusus di Kepni ada 4 kabupaten dan 1 Kota, di pileg 2019 menurut catatan KPU setempat, walaupun ini bisa menjadi diskusi lebih lanjut, ada lima partai yang unggul. Sementara untuk Pileg 2024, diprediksi bakal ada lima partai yang  melenggang ke Parlemen Senayan.

Baca Juga : Profil 9 Bakal Calon Potensial Wali Kota Gunungsitoli 2024 -2029 Versi Nawacitapost.Com

Berikut sosok lima (5) pria dari daerah Kepni yang berpeluang besar menempati anggota DPR RI periode 2024 -2029,  versi nawacitapost.com, berdasarkan abjad, dari Dapil II Sumut meliputi : Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Kota Padangsidempuan, Mandailing Natal, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga.

Pertama Nama lengkapnya Beesokhi Ndruru biasa disapa K’Bee, sebagai pembina Yayasan Nias. Salah satu tujuannya membantu warga yang rumahnya tidak layak huni untuk dibedah menjadi layak huni.

Juga, kerap membantu warga asal Nias yang ada di Jabodetabek, dan Kepulauan Nias.

Pria 42 tahun ini, piawai dalam dunia digital. Mempresentasikan suatu masalah menjadi mudah adalah keahliannya, khususnya di dunia marketing digitalisasi yang disenangi generasi milenial.

Kecintaannya kepada Nias Selatan jangan ditanya, terbukti lewat Munas Fornisel dipercaya dua periode menjadi Sekretaris Jenderal/ Sekretaris Umum.

Terlibat aktif di organisasi yang bermottokan Bersama Kita Maju, membuatnya, ia banyak mengenal sosok dan karakter orang dari berbagai lapisan masyarakat. Dan, itu adalah modalnya, ia mampu bergaul dengan siapa saja dari kalangan muda milenial, rakyat di pedesaan dan kalangan pejabat tinggi.

Sementara di DPP HIMNI, K’Bee yang juga suami dari Erni Hia dipercaya menjabat Wakil Sekretaris Jenderal selama dua periode sampai dengan saat ini.

Baca juga :  Kasus Kekerasan Anak Dibawah Umur yang Dilakukan Ibu Tiri, Diselesaikan Kekeluargaan

Kiprah K’Bee ikut serta terjun di partai politik, dan memilih Parlemen Senayan, juga atas dorongan dari berbagai pihak.

Pria asal Kecamatan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan, punya tagline Satukan Hati Demi Kemajuan Kepni, adalah murid politik dari Ketua Umum DPP HIMNI, Marinus Gea biasa disapa MrG.

Baginya, MrG adalah guru politiknya. Itu pula yang mendorongnya melangkahkan kakinya semakin mantap terjun di kancah politik nasional, melalui Pileg 2024.

Kepulauan Nias bukan hanya dekat, tetapi sudah menyatu dalam dirinya. Mertuanya  yang asal Desa Awaai, Kecamatan Tuhemberua, Nias Utara, ditambah abang iparnya dari Nias Barat, membuat sosok K’Bee bukan milik Nias Selatan, tetapi milik daerah Kepni.

Ditambah lagi pendidikannya dari SD – SMA (Xaverius_ diselesaikannya di Kota Gunungsitoli.

Banyak warga Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, dan dua daerah lainnya di Kepni, terutama kaum mudanya berharap banyak kepada K’Bee, jika nanti masuk DPR RI. Harapannya, memperjuangkan Kepni untuk terus berkembang dan maju, ibarat pepatah Losendroro Sitenga Banuania (Tidak seorangpun memajukan kampunghalaman yang bukan putra dari kampung itu sendiri ” Nias “.

Kedua Chritian Zebua, pangkat terakhir di militer TNI AD adalah Jenderal bintang dua atau Mayjen.

Setelah purnawirawan atau pensiun masuk ke partai Nasdem. Tahun 2020 ikut kompetesi Pilakda Nias Selatan, tapi belum berhasil.

Sebelumnya juga pernah ikut caleg dipartai yang sama, masih Dapil II Sumut, belum berhasil juga.

Kini suami dari Deli Asnawati Mendrofa, diprediksi akan maju sebagai Caleg dari Nasdem  untuk Kota Gunungsitoli.

Banyak warga kota Gunungsitoli, maupun diperantauan berharap banyak, kepada pria 64 tahun ini untuk memajukan daerahnya sebagai kawasan pariwisata dan industri untuk bisa bersaing dan  maju.

Baca juga :  Ulang Tahun Jokowi, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo, MM Dukung Sepenuhnya Penyelenggaraan Kepemimpinan Jokowi

Ketiga Bagi Faahakhododo Maruhawa, Prabowo Subianto adalah idola politiknya.

Menurut catatan di faahakhododomaruhawa.blogspot.com, Faahakhododo Maruhawa pernah menjadi Direktur Utama PT Royal Imperium Broker Services, tetapi dalam websitenya itu tak disebut kapan, pria ini menjabat jabatan tersebut.

Sementara di partai Gerindra posisinya Ketua Dewan Penasehat DPC Nias Barat. Sedangkan, di luar partai politik, sederet jabatan diembannya. Ketua DPP HIMNI, Ketua OKK Persatuan Tionghoa Indonesia Raya (PETIR), Ketua Umum FKNO (2009 – 2012), Penasehat Forum Komunikasi Niha Keriso Ononiha (FKNO) se-Jabodetabek, Sekretaris Badan Persiapan Pembentukan
Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN) Jakarta, dan Panitia/Tim Fasilitasi Pemekaran Nias (Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli).

Diprediksi Faahakhododo Maruhawa, akan maju di Pileg 2024, untuk DPR RI atau parlemen Senayan dari Gerindra, Nias Barat.

Warga Nias Barat yang ada di kepni dan perantauan berharap banyak kepada pria yang kerap terlibat di kegiatan sosial ini,, agar mampu memajukan Nias Barat di kancah nasional.

Keempat Perjalanan karier politik Marselinus Ingati Nazara, menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara (2009–2014),  Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara (2014–2015), kemudian ikut Pilkada Nias Utara 2016, dan berhasil menang menjadi Bupati yang beribukota Lotu untuk periode 2016 – 2021.

Menyandang status petahana, Marselinus Ingati Nazara ikut Pilkada serentak terbatas tahun 2020, hasilnya tetap kalah.

Pria kelahiran 28 Oktober 1970 ini di Golkar juga pernah menjabat sebagai Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Nias (2000–2004), Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Nias (2004–2009), Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Nias Utara (2009–2019).

Alumni SMA Katolik Sibolga ini, di Pemilu serentak, khususnya Piler 2024 -2024, bakal maju menjadi Caleg DPR RI dari Golkar.

Baca juga :  Sambut Tim DPP HIMNI, Wakil Bupati Mentawai : Perlu Belajar dari Nias soal Satu Kabupaten Menjadi Lima, Itu Menginspirasi

Banyak netizen warga Nias Utara, berharap banyak,  suami dari Dermawani Gea, jika masuk rumah politik Senayan, untuk memperjuangkan warga Nias Utara, dan Kepni lebih maju.

Kelima. Baginya kegagalan menjadi Caleg DPRD Sumut dari PDKB tahun 1999, tak membuatnya mundur dari partai politik. Kemudian ia melabuhkan pilihan politiknya ke Demokrat, dan iktu kompetisi politik di Pilkada Nias, berhasil menjadi Bupati  Nias dua kali (2011-2016 dan 2016 -2021), begitulah tekad dnna semangat dari Sokhiatulo Laoli dalam catatan yang didapat nawacitapost.com dari Wikipedia.

Bisa dikatakan pria kelahiran 30 September 1958 ini sudah menikmati jabatan eksekutif, dan kini di pemilu serentak 2024, ia akan ikut pileg menuju Senayan dari partai Demokrat, dari dapil II Sumut .

Ayah dari Yorint M. Fangenano Laoli, Viera S Sevenia Laoli, dan Bernand G Faatulo Laoli, diharapkan khususnya warga Nias dan umumnya Kepulauan Nias, ketika terpilih di Parlemen Senayan, untuk memajukan Nias dikancah nasional dan juga internasional.