Nawacitapost.com
Komitmen Jaga Kesehatan WBP, Rutan Kelas IIB Rengat Kanwil Kemenkumham Riau Rutin Laksanakan Pembinaan Jasmani Bagi WBP

Rengat, NAWACITAPOST.COM – Dalam rangka menciptakan lingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat Kanwil Kemenkumham Riau yang sehat, Kepala Rutan Kelas IIB Rengat, Abdul Aziz, memerintahkan kepada para pejabat struktural untuk melaksanakan dan memantau langsung kegiatan rutin pembinaan jasmani bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Rengat. Sabtu, (25/06/2022).

“Kita sebagai petugas pemasyarakatan diamanahkan oleh negara untuk menjaga, membina, serta merawat para WBP yang saat ini menjalani masa hukuman di Rutan Rengat, untuk itu kita harus berkomitmen memberikan pembinaan serta kegiatan positif bagi WBP selama mereka berada disini, seperti kegiatan pembinaan jasmani dan rohani, saya harap hal ini dapat dilaksanakan setiap hari secara rutin”, ungkap Aziz.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Nepri Mutasni bersama kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR), Oyon Syahziar melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan jasmani bagi WBP. “Rutan Rengat telah melaksanakan pembinaan jasmani bagi WBP dalam rangka meningkatkan imunitas dan tentunya menjadi sebuah kegiatan rutin yang positif bagi WBP, adapun kegiatan pembinaan jasmani yang dilakukan secara rutin diantaranya adalah senam setiap pagi, bola voli, sepak takraw, dan futsal”, tutur Oyon.

“Saya meminta kepada para pejabat struktrual untuk selalu melaksanakan dan memantau langsung kegiatan pembinaan jasmani bagi WBP, hal ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas dan mencegah berbagai macam penyakit bagi WBP”, ungkap Aziz. Kasubsi Pelayanan Tahanan, Nepri Mutasni menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan jasmani bagi WBP Rutan Rengat ini tidak hanya sebagai bentuk peningkatan kesehatan WBP di Rutan Rengat, namun juga sebagai salah satu bentuk penerapan Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN). “Kegiatan ini merupakan salah satu instrumen penilaian dalam SPPN yang saat ini kita terapkan di lingkungan Pemasyarakatan dalam menilai WBP untuk mendapatkan hak-haknya seperti Remisi dan Integrasi, jadi kami berharap agar saudara sekalian dapat mengikuti kegiatan pembinaan di Rutan Rengat ini dengan sebaik-baiknya”, ungkap Nepri.

Baca juga :  IPC Panjang Gelar Last Call Shipp 2020

Karutan juga menyampaikan bahwa selain untuk menjaga kondisi fisik para WBP, kegiatan pembinaan jasmani ini diharapkan dapat meningkatkan rasa bahagia dan menghilangkan rasa jenuh bagi para WBP sang sedang menjalani masa pidana di Rutan Rengat.

“Laksanakan pembinaan ini sebaik-baiknya dan tentunya nikmati kegiatan ini sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh saudara sekalian selama berada di Rutan Rengat ini, kami berharap dengan adanya kegiatan ini fisik dan fikiran saudara sekalian menjadi segar sehingga kesehatan saudara sekalian selalu terjaga, dan tentunnya saya berharap kepada seluruh jajaran agar selalu mengawasi jalannya kegiatan pembinaan di Rutan Rengat yang kita cintai ini”, tutup Aziz.

(Humas Rutan Rengat)