Nawacitapost.com

Batam, NAWACITAPOST.COM (Kamis, 23/06/22). Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menerima kunjungan kerja dari Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasiaan. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Laut pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

Kegiatan kunjungan ini dibuka oleh Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agato P.P Simamora yang menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan antara Ombudsman RI dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian dalam memonitor kesisteman di lingkup Tempat Pemeriksaan Imigrasi Laut.

Nawacitapost.com

Kedatangan perwakilan Ombudsman Republik Indonesia merupakan wujud sinergi dalam rangka perbaikan pelayanan publik dan pencegahan maladministrasi dalam Layanan Keimigrasian.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Wira Zulfika memaparkan terkait beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang berada di Kota Batam dan inovasi yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam selama pandemi hingga saat ini.

Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Agato P.P Simamora menjelaskan bahwa pemeliharaan Autogate belum bisa dilakukan karena kepemilikan masih milik pengelola sehingga biaya Barang Milik Negara (BMN) belum bisa dikeluarkan. Selain itu, Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi harus dilakukan secara hati-hati.

Perwakilan Ombudsman RI menjelaskan bahwa pada kegiatan ini akan mengamati kegiatan kerja dan usulan uji coba manifest elektronik di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kota Batam. Uji petik ke lapangan akan disesuaikan dengan buku panduan terbaru ke TPI Batam Centre dan Harbour Bay untuk menguji pemahaman petugas, termasuk pemeriksaaan Radio Frequency Identification (RFID), Visa dan Izin Tinggal.

Baca juga :  Kunjungi Sekretariat SMSI Kota Bekasi, Tri Adhianto: Perlu Dibangun Pola Kemitraan

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke TPI Batam Center dan TPI Harbour Bay untuk dilakukan pengecekan kesisteman dan juga uji petik terhadap pengetahuan petugas tentang kesisteman di Tempat Permeriksaan Imigrasi