Nawacitapost.com
Terus Berinovasi, Rutan Kelas IIB Rengat Kanwil Kemenkumham Riau Ciptakan Aplikasi Layanan Berbasis Online "SI PION"

Rengat, NAWACITAPOST.COM – Perkembangan teknologi dan informasi dimanfaatkan dengan baik dewasa ini. Tak sedikit instansi maupun institusi membuat aplikasi agar memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Jumat, 24 Juni 2022.

Seperti halnya yang diciptakan oleh Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rengat yang menghadirkan layanan terintegrasi dengan memanfaatkan WhatsApp Blast (WA Blast). Dalam WA Blast Rutan Rengat, masyarakat dapat memperoleh berbagai macam layanan seperti pengaduan, pendaftaran kunjungan online, penitipan, survey, konsultasi dan juga layanan integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB) melalui aplikasi Si Pion. Aplikasi Si Pion tersebut dibuat untuk mempermudah pelayanan integrasi pemasyarakatan secara digital.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rengat Abdul Aziz mengatakan Sistem Informasi Pelayanan Integrasi Online (SIPION) merupakan aplikasi berbasis web yang diperuntukan bagi masyaralat khususnya keluarga Narapidana yang ada di Rutan Rengat untuk membuat formulir Integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB).

“Layanan integrasi online ini memberikan kemudahan dalam membuat formulir integrasi seperti PB dan CB, terlebih dalam masa pandemi ini ketika dianjurkan untuk menghindari kontak secara langsung”’ ujar Abdul Aziz.

Secara singkat, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Rengat Nepri Mutasni menjelaskan jika masyarakat dapat mengakses layanan integrasi online ini melalui website www.sipir-rengat.id , kemuadian melakukan pendaftaran dengan menggunakan no KTP selanjutnya memasukan nama narapidana yang akan dibuatkan formulis integrasi PB atau Cbnya.

“Prosesnya bisa dikatakan cepat, tidak perlu lagi masyarakat bolak balik datang ke Rutan untuk membuat formulir. Yang penting data dan nama narapidana sesuai. Dan dalam prosesnya masyarakat akan dibantu operator yang siap melayani apabila ada kendala” sambung Nepri Mutasni.

Lebih lanjut dijelaskan Abdul Aziz dalam kesempatan tersebut jika aplikasi ini nantinya diharapkan menjadi layanan unggulan Rutan Rengat dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokasi Bersih Melayani.

Baca juga :  Wujudkan Program Pembinaan Kemandirian, Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Kanwil Kemenkumham Riau Gandeng Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu

(Humas Rutan Rengat)