Nawacitapost.com
Puluhan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Antusias Ikuti Pembelajaran Iqro dan Yasin

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Riuh rendah suara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terdengar dari Masjid Al-Ikhlas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Padangsidimpuan, Jum’at (24/06/2022).

Ini merupakan salah satu program pembinaan kepada para WBP, khususnya yang masih buta huruf Hijaiyah dan Al-Quran. Staf Bimkemas, Haris Syahroni Nasution, mengatakan para warga binaan belajar Bahasa Arab dengan menggunakan metode Iqro’.

Berlatar belakang pendidikan sebagai seorang santri, tentunya hal ini bukanlah kegiatan yang asing lagi bagi Haris. Kesehariannya dia dipercaya oleh Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH sebagai mentor dibidang keagamaan dan dibantu oleh WBP yang sudah mahir membaca Al-Quran.

“Kami rutin menyelenggarakan kegiatan ini setiap hari karena merupakan persyaratan WBP yang beragama Islam terkait pengurusan pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dll yang nantinya tertera dalam Laporan Perkembangan Pembinaan,” Ucap Haris.

Di tempat terpisah, Kalapas Indra Kesuma, menjelaskan bahwa proses model pembinaan WBP dengan metode Iqro ini merupakan salah satu Program Pembinaan Kepribadian khususnya dalam hal keagamaan yang diberikan kepada Warga Binaan yang beragama Islam. Hal ini dilakukan dalam rangka pengentasan terhadap Warga Binaan yang buta huruf maupun kurang mahir di dalam membaca huruf Hijaiyah. Harapannya, melalui pengajaran yang diberikan seluruh Warga Binaan yang beragama Islam bisa membaca huruf Hijaiyah dengan lancar.

Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimkemas, Muslihul Harahap, mengatakan akan selalu mengarahkan stafnya untuk memberikan berbagai Ilmu Pengetahuan dan Kemampuan baru bagi Warga Binaan.

“Kita selalu tekankan kepada seluruh Pegawai terkhusus staf yang ada pada Sub Seksi Registrasi dan Bimkemas untuk bisa berinovasi dalam memberikan ilmu pengetahuan dan kemampuan keterampilan bagi Warga Binaan.

Baca juga :  Sumpah Janji Kepala Desa Fadoro Sitolu Hili Ditagih Warga

Salah satunya kita wujudkan melalui program Pembinaan Kepribadian yang kita berikan yaitu mengajarkan mereka dalam membaca huruf Hijaiyah,” ucapnya.

(Humas Lapasid)