Nawacitapost.com
Kanwil Kemenkumham DIY Melaksanakan Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan

Yogyakarta, NAWACITAPOST.COM – Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Yogyakarta, Antonius Frizky SCP, menjadi narasumber dalam Acara Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham DIY. Selasa, (14/06).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema “Proses Kewarganegaraan Republik Indonesia secara Elektronik dan Pencatatan Administrasi Kependudukan Dalam Lingkup UU Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia”.

Nawacitapost.com
Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan

Kewarganegaraan dan pewarganegaraan di Indonesia diatur salah satunya di dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara, sedangkan pewarganegaraan adalah tata cara bagi orang asing untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan.

Kepala Divisi Administrasi Mutia Farida yang juga selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah membuka kegiatan Diseminasi ini. Mutia menyampaikan bahwa ketentuan-ketentuan mengenai kewarganegaraan ini sangat penting untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai sarana kita untuk membagikan informasi-informasi mengenai kewarganegaraan kepada masyarakat”, Jelasnya dalam acara di Hotel Eastparc Yogyakarta tersebut.

Peserta kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Kelompok Masyarakat Perkawinan Campur, Anak hasil perkawinan campur, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Daerah Istimewa Yogyakarta, pegawai Direktorat Jenderal AHU, pegawai Kantor Wilayah, Peserta Kelompok Masyarakat Perkawinan Campuran seluruh Indonesia yang hadir secara Virtual.

Baca juga :  Sampaikan Duka Cita Atas Bencana Banjir Bandang di NTT, Gubernur Khofifah : Rakyat NTT Tidak Sendiri