https://nawacitapost.com/

PALU, Nawacitapost.com – Menyambut kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka yang puncak pelaksanaannya pada tanggal 14-22 Agustus 2022 mendatang, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Ka.LPKA) Kelas II Palu, Revanda Bangun, sambangi Markas Besar (Mabes) Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Jakarta, Selasa (24/05/2022).

https://nawacitapost.com/

Kunjungan tersebut bertujuan guna membahas persiapan-persiapan Jamnas Pramuka, yang kegiatannya juga akan diikuti oleh Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) LPKA Palu yang telah berhasil masuk ke dalam regu cobra kontingen Sulawesi Tengah.

Disambut langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwarnas, Mayjen (Purn). Bachtiar, Ka.LPKA Palu yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) Gugus Depan (Gudep) LPKA Palu, menyampaikan beberapa perkembangan kegiatan pembinaan kepramukaan di LPKA Palu, yang merupakan tempat terakhir proses peradilan kepada setiap anak yang berhadapan dengan hukum (ABH).

https://nawacitapost.com/

“Sebagai tempat pembinaan kepada anak yang berhadapan dengan hukum, membuat kami terus meningkatkan segala usaha untuk mengembalikkan mereka kea rah yang lebih baik. Syukurnya dengan gerakan kepramukaan ini, anak-anak kami disana lebih baik dari yang dulu. Hasilnya, mereka berhasil melewati seleksi-seleksi dengan baik, dari tingkat Kota, Provinsi, hingga lolos ke ajang Nasional nanti.” Ujar Revanda.

Lebih lanjut dirinya pun mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan yang pertama dan menjadi langkah awal sejarah LPKA Palu yang merupakan naungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) dapat menghantarkan anak binaan meraih prestasinya di kegiatan berskala Nasional.

“Ini merupakan yang pertama bagi dalam sejarah di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulteng, bahkan dilingkungan Pemasyarakatan Se-Nusantara. Semoga ini berjalan baik sehingga di tahun-tahun berikutnya dapat diikuti oleh LPKA di daerah lain.”Lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, mewakili Ketua Kwarnas (Ka.Kwarnas), Komjen. Pol (Purn). Budi Waseso, Sekjen Kwarnas, sangat mengapresiasi atas segala usaha dan upaya pembinaan kepramukaan di LPKA Palu, dirinya pun berharap duta pramuka LPKA Palu tersebut dapat melanjutkan perjuangannya hingga ke Jambore Dunia Tahun 2023 di Korea Selatan.

Baca juga :  Anggota Bawaslu Temukan 15 Dugaan Pelanggaran Tindak Pidana Pilkada 2020

“Ini untuk pertama kalinya sosok Andikpas atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kita lolos hingga level Jamnas. Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Gudep LPKA Palu, Sako Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulteng dan seluruh Stake Holder terkait, semoga perjuangan itu bisa terus hingga ke Jambore Dunia tahun depan.”Terang Sekjen Kwarnas.

Dirinya pun menambahkan, bahwa dalam kegiatan Jamnas mendatang Kwarnas akan mengundang secara langsung Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia, Yasonna H.Laoly, guna memberikan penguatan maupun mempererat tali asih kepada peserta dan terutama kepada Anak-anaknya yang berasal dari lingkungan Lembaga Pembinaan naungannya di Pemasyarakatan.

“Kami berharap Menkumham dapat hadir dikegiatan kita nanti, bukan hal yang sederhana jika Andikpas dapat berprestasi, berdiri sejajar dengan anak-anak umum lainnya.” Tutupnya.

Diakhir kegiatan, Sekjen Kwarnas yang didampingi jajarannya berharap kedepannya Kwarnas Gerakan Pramuka bersama Kemenkumham RI, khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dapat meningkatkan kerjasama yang dituangkan kedalam Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) pembentukan Gudep serta Perjanjian Kerjasama dalam program Ticket to Life (TTL) yang dicanangkan oleh Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (World Organization of the Scout Movement), sehingga apa yang dilakukan oleh LPKA Kelas II Palu sebagai Pilot Project dapat diikuti oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

Pasalnya, dengan adanya perjanjian kerjasama tersebut, apa yang menjadi tujuan Negara untuk mengangkat harkat dan martabat anak-anak yang termarginalkan baik dari keluarga miskin, dari keluarga bermasalah, anak-anak jalanan maupun anak-anak yang  bermasalah dengan hukum dapat diatasi dengan cara merangkul dan mengajak mereka bergabung mengikuti pendidikan non formal kepramukaan, yang mengarahkan mereka memiliki bekal hidup yang baik di masa depan.

Baca juga :  Milki Dsetinasi Unggulan, KemenPUPR Tuntaskan Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang

Kegiatan pun diakhir dengan penyerahan penghargaan dari Kwarnas Gerakan Pramuka kepada Kemenkumham, yang diwakili Ka.LPKA Palu, atas dukungan perlengkapan bagi Satgas Pramuka Peduli Penanggulangan Pandemi Covid-19 Tahun 2020.