Nawacitapost.com

Rengat, NAWACITAPOST.COM – Pasca menjabat sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Mulyadi untuk pertama kalinya mengunjungi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rengat. Kamis, (19/05/2022).

Setiba di Rutan Rengat, Kadivpas langsung melakukan empat agenda penting, yaitu pertama, melakukan pengecekan terhadap kondisi lingkungan Rutan Rengat, kedua, memberikan penguatan kepada petugas Pemasyarakatan Rutan dan Rupbasan Rengat, ketiga, melakukan test urine kepada petugas secara acak, dan keempat melakukan penggeledahan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Rengat.

Didampingi pejabat struktural Rutan Rengat, Kadivpas melakukan pengecekan kondisi lingkungan Rutan Rengat. “Jaga kondisi, dan sarana prasarana di Rutan Rengat ini, khususnya untuk kondisi dapur harus bersih dan higienis, serta sajikan makanan kepada warga binaan sesuai dengan yang seharusnya”, ungkap Kadivpas setelah melakukan pengecekan dapur Rutan Rengat.

Setelah berkeliling, Kadivpas langsung menuju Aula Dr. Sahardjo dan memberikan penguatan kepada jajaran petugas pemasyarakatan yang hadir. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh petugas Rutan Rengat, namun juga dihadiri oleh Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan), Budi Hardiono beserta jajaran. Dalam pengarahannya kadivpas menyampaikan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Jangan pernah menjadi penyumbang berita negatif apalagi hingga viral dan mencoreng nama baik Kemenkumham Riau. Laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan sesuai dengan SOP dan arahan pimpinan”, tegas Mulyadi.

Setelah rehat untuk menjalankan ibadah magrib, kadivpas secara acak menunjuk enam orang petugas untuk dilakukan test urine. “Saya minta enam orang untuk dilakukan test urine, empat orang dari petugas Rutan Rengat dan dua orang dari petugas Rupbasan Rengat. Seandainya ada indikasi penyalahgunaan nrkoba di Rutan ataupun Rupbasan Rengat, kami akan tindak tegas tanpa ampun”, tutur Mulyadi. Setelah dilakukan pengecekan urine terhadap enam orang petugas yang ditunjuk, tim medis menyampaikan bahwa hasil pengecekan adalah seluruhnya NEGATIF.

Baca juga :  Walikota Blitar Monitoring Pendistribusian Minyak Curah

Selanjutnya setelah mendapati hasil yang baik tersebut, Kadivpas meminta pejabat struktural untuk memimpin petugas yang hadir untuk membacakan deklarasi Anti Narkoba di lingkungan Rutan dan Rupbasan Rengat.

“Kami mengapresiasi hasil baik yang kita dapatkan tadi, selanjutnya kami minta kita semua terus berkomitmen untuk menyatakan perang terhadap narkoba, kepada salah satu pejabat struktural untuk memimpin pembacaan deklarasi Anti Narkoba”, ungkap Mulyadi.

Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan penggeledahan kamar hunian WBP Rutan Rengat yang dipilih secara acak oleh tim divisipas Kanwil Riau. Sebelum pelaksanaan penggeledahan, Kadivpas memimpin apel dan memberikan arahan kepada jajaran untuk melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggungjawab dan humanis.

“Laksanakan penggeledahan ini dengan penuh tanggungjawab dan humanis, perlakukan warga binaan dengan baik, dan inventarisir segala barang temuan”, ungkap Mulyadi.

Penggeledahan dilaksanakan di tiga kamar yang dipilih seara acak. Dalam penggeledahan ini tidak ditemukan barang terlarang yang menjadi target utama penggeledahan kali ini yaitu narkoba dan handphone, namun masih ditemukan barang terlarang berupa benda tajam, kaca, dan korek api.

“Kami apresiasi kerja keras dan dedikasi petugas Rutan Rengat ini, semoga Rutan Rengat selalu dalam keadaan kondusif dan aman, serta petugasnya selalu dalam keadaan sehat” tutup Mulyadi,

Rangkaian kegiatan berlangsung aman dan lancar, berakhir pada pukul 21:30 WIB dan ditutup dengan foto bersama.

(Humas Rutan Rengat)