Nawacitapost.com

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Kepala Lapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma A.Md IP., SH., MH beserta jajarannya mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 secara virtual di Aula Lapas Padangsidimpuan. Jum’at, (20/05/2022).

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 Tahun 2022 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” diselenggarakan secara tatap muka secara terbatas pada unit kerja masing-masing yang berada pada daerah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2 serta kantor perwakilan Kementerian Hukum dan HAM di luar negeri yang wilayahnya ditetapkan pemerintah setempat sebagai zona aman.

Tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Di akhir sambutannya Bapak Menteri Kominfo Johnny G.Plate mengatakan “Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat”

Baca juga :  Lapas Kelas III Kotanopan Kanwil Kemenkumham Sumut, Ikuti Pelaksanaan End User Training (EUT) Migrasi Saldo Awal SAKTI Tahun 2022

(Humas Lapasid)