nawacitapost.com
nawacitapost.com

MANADO, NAWACITAPOST.COM – Pemusnahan arsip merupakan kegiatan penghancuran atau meniadakan fisik dan informasi arsip melalui cara tertentu, sehingga fisik dan informasinya tidak dapat dikenali lagi. Pemusnahan arsip dilakukan secara langsung maupun melalui pihak lain yang disaksikan dari unsur hukum, unsur pengawas dan Unit Pencipta Arsip itu sendiri pada Jum’at (20/05/2022).

nawacitapost.com
nawacitapost.com

Hari ini, Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara melakukan pemusnahan arsip disaksikan oleh perwakilan tim pengawas kearsipan dari biro umum, biro humas dan inspektorat. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut (Haris Sukamto) dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kesempatan ini, pemusnahan arsip kanwil sebanyak 623 arsip sesuai dengan surat persetujuan pemusnahan arsip dari ANRI. Kakanwil berharap ke depan akan ada pengangkatan pejabat fungsional arsiparis untuk Kanwil Kemenkumham Sulut sehingga kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kearsipan akan semakin baik.

nawacitapost.com
nawacitapost.com

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di lapangan kanwil tersebut, Arsiparis Muda Biro Umum Sekjen Kemenkumham RI (Andri Budi Satriaji) yang membacakan sambutan Kabiro menyatakan bahwa pemusnahan arsip penting dilakukan agar mengurangi volume arsip yang sudah berketerangan musnah. “Program pemusnahan arsip juga merupakan bagian dari Program Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang sudah dicanangkan Menkumham,” ungkapnya.

Diakhir sambutan, Andri menyampaikan dengan dilaksanakannya pemusnahan arsip ini diharapkan terciptanya tata kelola kearsipan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut yang tertib, efisien, dan tertata sesuai aturan dan kaidah kearsipan yang berlaku.

nawacitapost.com
nawacitapost.com
Baca juga :  Siswa MBR Terlanjur Beli Seragam, Komisi D DPRD Surabaya Minta Pemkot Mengembalikan