Mentawai, NAWACITAPOST.COM – Sebanyak 85 Kepala Keluarga (KK) di wilayah Sipora tahun ini mendapatkan bantuan listrik dengan daya 450 volt amper (Va). Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 ini diperuntukkan kepada keluarga miskin yang ada di wilayah Pulau Sipora.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), Chandra Dewi kepada wartawan, Senin, (16/5), siang, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, ada 85 keluarga miskin atau kurang mampu yang akan mendapatkan penyambungan listrik gratis dari pemerintah.

“Selama masih warga di Sipora yang belum mendapatkan pasokan listrik karena ketiadaan biaya. Makanya, tahun ini, kita telah mengusulkan kepada permohonan kepada PLN yang pemasangannya dilakukan oleh vendor dalam tahun ini,” ungkapnya.
Hal ini, kata dia, juga dalam rangka mewujudkan program Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai periode 2017-2022 yakni, Mentawai terang dan mencapai target elektrifikasi di wilayah Kepulauan Mentawai. Dia berharap, tidak ada kendala dalam pengerjaan nantinya.

Kepala bidang Sosial DSP3A Kepulauan Mentawai, Arsenius menyebutkan, bahwa, besaran anggaran bantuan listrik daya 450 Va untuk satu keluarga yakni, Rp 2 juta. Anggaran tersebut, kata dia, termasuk untuk pemasangan instalasi atau jaringan listrik di dalam rumah.

“Masing-masing rumah mendapatkan daya sebesar 450 Va, kalau diuangkan sebesar Rp 2 juta, sudah termasuk instalasi listriknya. Sekarang, proses verifikasi dan persiapan untuk di review oleh inspektorat,” katanya.

Manajer PLN Tuapejat, Asri juga membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, vendor untuk pemasangan meteran gratis dan instalasi tersebut, sudah ditetapkan oleh Pemkab Mentawai. Pihak PLN sendiri, kata dia, hanya sebatas memastikan rumah layak sambung atau tidak.

“Kami di PLN hanya mamastikan layak sambung pelanggan saja. Untuk penunjukan vendor ditentukan langsung oleh Pemkab melalui dinas Sosial. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat ini pengerjaannya sudah bisa dimulai,” katanya.

Baca juga :  Rutan Kelas IIB Natal Kanwil Kemenkumham Sumut, fasilitasi Pelaksanaan Pernikahan Bagi WBP

Dia juga mengatakan, bahwa, saat ini, PLN masih memberlakukan diskon biaya masuk baru sebesar 50 persen untuk daya 450 Va dan 900 Va hingga akhir tahun mendatang. Hal ini, merupakan salah satu program PLN dalam meningkatkan elektrifikasi khususnya di daerah yang menyandang predikat 3T (terluar, terdepan dan tertinggal, red).

Di samping itu juga, kata dia, PLN juga memiliki program bantuan paket listrik gratis. Namun, hingga saat ini masih menunggu konfirmasi dari Pemkab terkait program tersebut. Dia berharap, bagaimana elektrifikasi di Mentawai bisa terwujud mencapai 100 persen.(mesra)