Bantaeng, NAWACITAPOST.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) melakukan pendataan dan pemetaan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada perangkat Daerah Kabupaten Bantaeng. Kamis, 12/05/2022.

Ketua Tim, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Mohammad Yani mengatakan, koordinasi pendataan yang dilakukan sebagai upaya mengoptimalisasi pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) khususnya bagi PPNS di wilayah. Seperti administrasi registrasi PPNS dan masalah-masalah terkait lainnya di lapangan, dapat dicarikan solusinya, mengingat permasalahan PPNS di setiap instansi berbeda-beda.

Lanjut Mohammad Yani, “pendataan dan pemetaan ini tidak hanya di Bantaeng, tetapi akan berlanjut secara bertahap ke semua daerah di Sulsel. Diharapkan nantinya dapat diselenggarakan program diklat penguatan peran pejabat PPNS sesuai tugas dan fungsinya. Jika memungkinkan disertai dengan penambahan kuota PPNS di daerah termasuk di Bantaeng, sehingga upaya penegakan hukum di daerah lebih optimal. Hal ini sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak.”

Di Bantaeng, Tim berkoordinasi dengan Markas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bantaeng. Pejabat Tata Usaha Muhammad Amin yang ditemui tim menerangkan sejumlah kendala yang dihadapi, seperti administrasi keanggotaan PPNS, pelatihan terkait, dan koordinasi lintas lembaga.

Jumlah PPNS di Banteng sebanyak 5 orang, masing-masing 1 orang ditempatkan pada Kantor Sekretariat Daerah; Kantor Kecamatan Uluere, Dinas Dukcapil, Kantor Kecamatan Sinoa, dan Kantor Satpol PP dan Damkar.

Baca juga :  Serah Terima Kepala Rutan Landak, Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Tekankan "Back to Basic"