Mentawai, NAWACITAPOST.COM – Tingkatkan Iklim Investasi, Pemkab Mentawai Luncurkan Website dan Berikan Insentif.

Pelaku usaha atau calon penanam modal di Kepulauan Mentawai bakal mendapatkan insentif dan diberikan kemudahan dalam pengurusan izin. Upaya ini dalam rangka mendorong dan meningkatkan iklim investasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hal itu dibahas dalam kegiatan uji publik rancangan Peraturan Bupati tentang pedoman pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal serta perizinan berusaha di aula Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kamis, (12/5), siang. Upaya ini diyakini bakal dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kepala DPMPTSP Kepulauan Mentawai, Motisokhi Hura mengatakan, bahwa, tujuan dari layanan perizinan yakni, memberikan kepastian hukum, kesetaraan, transparasi, akuntabilitas efektif dan efisien. Selama ini, kata dia, pelayanan perizinan di Kepulauan Mentawai masih belum optimal dan memakan waktu yang cukup panjang.

“Kita ingin bagaimana layanan perizinan itu betul-betul bisa terwujud dengan menerapkan pelayanan terpadu satu pintu dan bisa diakses seluruh masyarakat atau pelaku usaha. Makanya, kita juga buat inovasi dengan meluncurkan website pengurusan izin melalui http://dpmptsp.mentawaikab.go.id. Kita ingin memangkas waktu yang panjang tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, juga pelaku atau calon pelaku usaha dapat mengetahui sejauh apa proses administasi pengurusan yang sedang berjalan hingga terbitnya dokumen secara online. Untuk kerahasian data dan dokumen pengurus akan tetap aman dan terjaga. Sebab, pada tahap verifikasi dan autensifikasi sudah semakin dipangkas dan menggunakan tanda tangan elektronik.

Di samping itu, lanjut dia, bentuk insentif yang akan didapatkan oleh pelaku usaha atau penanam modal bisa berupa pengurangan atau pembebasan restribusi, hingga pemberian stimulan atau bantuan modal usaha. Sektor pelaku usaha yang bisa mendapatkan insentif tersebut, bisa sektor pariwisata, pendidikan, pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, energi dan industri kreatif.

Baca juga :  Satres Narkoba Polres Siak Tangkap Satu Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Kandis

“Kita berharap, rancangan Perbup ini bisa segera disetujui oleh Bapak Bupati untuk segera ditindaklanjuti. Dengan begitu, pelayanan perizinan akan bisa berjalan dengan cepat dan bisa mempermudah pelaku usaha dalam hela pengurusan perizinan. Tentu saja, juga lita butuh dukungan dari OPD terkait yang menyelenggarakan urusan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu,” katanya.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh DPMPTSP Kepulauan Mentawai tersebut. Meski begitu, lanjut dia, program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tersebut, mesti didukung oleh seluruh OPD terkait.
“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah menjadi inovasi dari DPMPTSP ini. Meski diakhir jabatan kami, namun, masih bisa tetap berinovasi. Inilah yang kita harapkan, bagaimana pelayanan itu bisa lebih cepat dan bisa diakses oleh seluruh masyarakat Mentawai terutama bagi calob pelaku usaha atau penanam modal,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini barangkali masyarakat enggan mengurus perizinan dikarekanan lambat dan berbelitnya prosedur perizinan. Nah, dengan adanya website ini, kata dia, calon pelaku usaha dapat mendaftar secara online. Tentunya, lanjut dia, website tersebut, mesti terus dikembangkan.

“Saat ini, sudah hampir 90 persen tersedia akses internet di Mentawai terutama di desa-desa. Nah, tinggal lagi bagaimana informasi dan mekanismenya bisa sampai kepada masyarakat. OPD-OPD terkait juga harus mendukung dan tidak boleh ada ego sektoral. Ini demi mendukung iklim investasi di Kepulauan Mentawai,” pungkasnya.

(mesra/arif)