Padangsidimpuan, NAWACITAPOST.COM – Guna tetap menjaga keindahan, kebersihan dan keamanan Lapas, Kalapas Padangsidimpuan, Indra Kesuma, A.Md.IP., SH., MH instruksikan seluruh Jajarannya melaksanakan kegiatan Deteksi Dini dan Giat Bersih, di area branggang dan halaman luar keliling Lapas. Senin, (09/05/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ka. KPLP, Jomboy, SH dan komandan jaga serta staf pengamanan. Jomboy, mengatakan hal tersebut bertujuan sebagai upaya antisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dan juga untuk mewujudkan kehidupan dan penghidupan yang teratur, aman dan tertib. Upaya ini dilakukan dengan terencana, terarah dan sistematis sehingga dapat menjamin terselenggaranya kegiatan perawatan tahanan dan pembinaan warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam rangka mencapai tujuan Pemasyarakatan.

Untuk menjamin tercapainya tujuan Pemasyarakatan dibutuhkan situasi dan kondisi yang aman dan tertib sehingga perlu dilakukan langkah-langkah pelaksanaan deteksi dini kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban dengan cara melaksanakan tugas pokok dan fungsi keamanan dan ketertiban di seluruh jajaran Pemasyarakatan, Melalui langkah – langkah progresif dan tepat untuk menindak lanjuti dan memberikan solusi terbaik.

Deteksi dini yang dilakukan yakni dengan melakukan pengecekan tembok beranggang, untuk memastikan kondisi tembok dalam keadaan baik dimana terdapat aktivitas pembinaan kemandirian WBP yang dilakukan di area beranggang yakni bercocok tanam.

Pada kesempatan yang sama, Kalapas Padangsidimpuan mengajak seluruh Petugas agar bersama-sama menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan Lapas, baik halaman luar ataupun halaman dalam Lapas agar tercipta suasana Lapas Padangsidimpuan yang aman dan nyaman.

“Setiap petugas wajib memiliki rasa tanggung jawab akan kebersihan, kesehatan dan keamanan Lapas guna terciptanya suasana yang aman dan nyaman. Selalu terapkan falsafah Poda Na Lima dalam bertugas” Ucap Kalapas Indra Kesuma.

Baca juga :  APK Paslon 01 'Ngawur', Pemkot seakan Jilat Ludahnya Sendiri

(Humas Lapasid)