SERANG, NawacitaPost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten serang Melaksanakan rapat paripurna atas Penyampaian capaian indikator pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Serang akhir tahun anggaran 2021.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum memimpin rapat dan di ikuti oleh hampir seluruh anggota Dewan dari seluruh fraksi yang ada di DPRD kabupaten Serang.

Selanjutnya, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan capaian indikator pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Serang akhir tahun anggaran 2021.

Hal tersebut disampaikan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Serang di aula DPRD, Kamis (28/4/2022).

Ratu Tatu mengatakan capaian indikator makro 2021 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Serang belum mencapai target RPJMD yang diharapkan.

Hal ini, menurutnya, tidak terlepas dari efek pandemi Covid-19.

Selain itu, data pencapaian angka kemiskinan pada tahun 2021 mengalami kenaikan bila dibandingkan 2020.

“Di IPM memang kita belum bisa mencapai target, karena kondisi saat ini yang memang belum pulih dari sisi ekonomi akibat dampak pandemi yang masih sangat terpukul,” katanya.

Namun, dari sisi pertumbuhan ekonomi dari minus kini sudah mulai bertumbuh ke positif.

Dalam hal ini pihaknya juga berharap pertumbuhan ekonomi segera membaik dan pulih.

“Agar kegiatan terkait pembangunan, serta pelayanan masyarakat bisa optimal dan kembali normal. Dan yang terpenting kondisi ekonomi segera pulih,” katanya.

IPM Kabupaten Serang 2021 sebesar 3,96 persen bila dibandingkan dengan capaian tahun 2020 sebesar 1,96 persen. Adapun laju pertumbuhan ekonomi (LPE) sebesar 5,61 persen pada 2021.

Menurut Ratu Tatu, hal ini menunjukkan keseriusan Pemkab Serang dalam menangani pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19.

Capaian tingkat penganguran terbuka (TPT) Kabupaten Serang 2021 mengalami penurunan sebesar 1,46 persen bila dibandingkan dengan data capaian 2020.(FN)

Baca juga :  Walikota Padangsidimpuan Lepas Tim Penjemputan Vaksin Covid-19