Nawacitapost.com

Padangsidimpuan, Nawacitapost.com – PLH Kepala Lapaspadangsidempuan, Ali Basya SH beserta jajaran mengikuti kegiatan Tasyakuran Menuju 58 Tahun Pemasyarakatan secara virtual melalui zoom meeting di Aula Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan. Selasa, (26/04/2022).

Tema yang diangkat pada HBP Ke-58 adalah Pemasyarakatan Pasti dan Berakhlak, Mewujudkan Indonesia Maju. Acara Tasyakuran dibuka dengan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Kemenkumham.

Bapak Menteri Hukum dan Ham RI berharap di usia Pemasyarakatan yang Ke-58 ini, Pemasyarakatan dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, membina warga binaan menjadi manusia yang lebih baik, agar dapat berintegrasi dengan baik di masyarakat.

Bapak Yasonna juga berpesan agar Pemasyarakatan terus mengawal penerapan Restorative Justice yang telah menjadi salah satu program prioritas nasional dalam pembangunan hukum dan regulasi.

“Selama ini kita selalu beranggapan penjara cara untuk menghukum bukan untuk membina, ini kesalahan pandangan yang harus diluruskan” ucap Bapak Eddy Hiariej, Wamenkumham.

Di tengah keterbatasan yang ada khususnya dalam masa pandemi ini Pemasyarakatan tetap semangat melayani masyarakat. Membimbing warga binaan, menyongsong masa depan yang lebih baik melalui berbagai kegiatan pembinaan keterampilan dan kepribadian.

Kegiatan acara Tasyakuran ini merupakan bentuk rasa syukur dari insan Pemasyarakatan, semoga kedepannya seluruh petugas dapat beranjak kembali menuju situasi normal sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dan memberikan hasil yang prima.

Dalam menyambut hari Bhakti pemasyarakatan ini, sudah diselenggarakan berbagai kegiatan seperti lomba logo dan slogan dengan tema “Pemasyarakatan Maju, Indonesia Tangguh”, lomba vlog dengan tema membuat hal positif dan edukatif tentang pemasyarakatan, dan lain sebagainya yang tercantum dalam Surat Sesditjen Pas No Pas 1.UM.01.01-323.

Di akhir acara Tasyakuran ini menampilkan beberapa karya warga binaan seperti batik, kerajinan tangan berupa miniatur. Kultum dan ceramah yang dipandu oleh Bapak Ustaz Das’ad Latif, beliau berpesan kepada seluruh insan Pemasyarakatan untuk meningkatkan kesabaran serta keihklasan dalam mendidik warga binaan, yang kategorinya orang-orang bermasalah.

Baca juga :  Rutan Kelas IIB Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Terima Tahanan Baru Dari Kejaksaan Negeri Padang Lawas

“Mendidik orang-orang yang baik saja susah, apalagi orang-orang yang memiliki masalah” ucap ustaz kondang tersebut.

(Humas Lapasid)