Nawacitapost.com

Tanjung Pura, Nawacitapost.com –  Petugas P2U Rutan Tanjung Pura terima Piagam Penghargaan karena telah berhasil menggagalkan upaya penyendupan narkotika dengan Modus Tape yang di bungkus Plastik Gula kedalam Rutan. Rabu, 27 April 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumhan Sumatera Utara Drs. Imam Suyudi, Bc.IP., S.H., M.H. yang diwakilkan oleh Kepala Divisi Administrasi Rudi Hartono, S.H.,M.Si. memberikan Piagam Penghargaan kepada Petugas P2U Rutan Tanjung Pura atas nama Dedi Wardoyo dan Mahdali karena telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkotika kedalam Rutan.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung Pura Rian Firmansyah A.Md.I.P., S.H., M.H Sangat Mengapresiasi kedua Petugas Rutan Tanjung Pura Tersebut Karena telah Bekerja dengan menerapkan SOP dengan baik dan teliti alhasilnya bisa berhasil menggagalkan upaya tersebut sehingga mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kantor Wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Soepomo Lt.5 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Tahun 2022.

Tahun ini HBP Ke-58 Mengusung Tema “ Pemasyarakatan Pasti dan Berakhlak mewujudkan Indonesia Maju” Pelaksanaan rangkaian kegiatan ini sesuai dengan Surat Sekretaris Direktorat Jendral Pemasyarakatan Nomor: PAS1.UM.01.01323 tanggal 22 Maret 2022.

Acara dimulai pukul 15:00 s.d 19:00 WIB dengan Menggunakan Batik, Penyerahan Penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan Syukuran Menuju 58 Tahun Pemasyarakatan.

“Tentu hal tersebut sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi dan penghargaan. Karena itu menunjukkan Dedi dan Mahdali menjalankan tugas P2U dengan penuh ketelitian” ujar Rian Firmansyah selaku Karutan Tanjung Pura.

Awalnya petugas P2U yang bertugas pada siang itu menggeledah barang yang akan di titipkan kepada warga binaan pada waktu layanan penitipan barang, barang tersebut kasat mata terlihat hanya tape ubi yang di bungkus plastik gula, kecurigaan tersebut terkuat saat petugas memeriksa lebih dekat dan menekan bukngkusan tersebut dengan tangan, terlihatlah benda asing berwarna hitam.

Baca juga :  WBP Lapas Kelas IIB Padangsidimpuan Kanwil Kemenkumham Sumut Rutin Senam Pagi

Alhasil Petugas P2U pun dengan sigap melaporkannya Kecurigaan tersebut kepada Ka.KPR Selanjutnya Ka.KPR langsung melaporkannya kepada karutan dan segera berkoordinasi dengan Polsek Tanjung Pura Untuk Membuka bungkusan tersebut.

Polsek Tanjung Pura yang memeriksa barang tersebut menyatakan bahwa itu memang Narkotika Jenis Sabu,untuk penggembangan temuan tersebut pelaku di amankan oleh Polsek Tanjung Pura.

“Dengan diberikannya penghargaan tersebut, diharapkan dapat dijadikan motivasi bagi seluruh petugas Rutan Tanjung Pura agar dapat bekerja dengan baik dan sesuai SOP yang telah ditetapkan”ujar karutan.

Kegiatan Pemberian Piagam Penghargaan tersebut berjalan dengan lancar sampai dengan selesai dan rangkaian kegiatanpun di akhiri dengan buka bersama jajaran Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara.

(Humas Rutapura)