Parepare, NAWACITAPOST.COM – Meneruskan rangkaian Safari Ramadhan di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak kunjungi Lapas Kelas IIA Parepare, Senin (18/4).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Sirajuddin, Kadiv Pemasyarakatan Suprapto, dan Kadiv Keimigrasian Jaya Saputera.

Mengawali kunjungannya, Kakanwil beserta para pimti pratama kemenkumham sulsel memberikan pengarahan terkait penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Parepare.

Dalam arahannya, Kakanwil menekankan pentingnya prinsip kolektif kolegial diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, karena seluruh tugas dan beban organisasi harus dipikul bersama.

Lebih lanjut beliau mencontohkan bahwa ketika kebersamaan itu tercipta, meskipun kakanwil tidak berada ditempat namun tugas dan fungsinya tetap dapat terlaksana oleh para pimti pratama.

“Itulah indahnya kebersamaan, tidak akan ada terlewatkan sebuah tusi dari kadiv-kadiv ini, walaupun mereka tidak ada ditempat” ujarnya.

Terkait wilayah bebas dari korupsi (WBK), beliau mengatakan bahwa internalisasi merupakan salah satu hal yang peting dalam mewujudkan WBK, outputnya berupa perubahan mindset dan cultureset, dimana sebagai birokrat, petugas harus memiliki budaya melayani masyarakat bukan sebaliknya.

“Melayani publik itu bukan lips service, bukan basa basi tapi dari hati, nothing to lose melayani” tegasnya.

Setelah pengarahan kakanwil selesai, kegiatan berlanjut dengan mendengarkan tausiyah sambil menunggu waktu berbuka, Ustadz Suhardi Diri dalam tausiyahnya membahas terkait keistimewaan bulan ramadhan, dimana salah satunya sebagai bulan pendidikan yang melatih hambaNya menjadi manusia bertaqwa.

Namun, sambung ustad, betapa banyak manusia yang puasa tapi ia tidak mendapatkan pahala melainkan lapar dan haus saja, olehnya beliau berpesan agar ketika berpuasa, seseorang tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi juga hendaknya menjaga lisan, mengendalikan emosi, serta senantiasa menjalin hubungan baik dengan manusia lainnya.

Baca juga :  Jalani Program Asimilasi Di Rumah, Tiga WBP Lapas Kelas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumut Jalani Tes Urine