Batam, NAWACITAPOST.COM – (Jumat, 25/03). Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menyelenggarakan diskusi Bersama Direktorat Kerja Sama Keimigrasian dengan tema Peran Direktorat Kerja Sama Keimigrasian dalam Komunikasi antara UPT Keimigrasian dan Perwakilan Negara Asing di Indonesia. Diskusi yang berlangsung di aula Ajat Sudrajat Havid dihadiri oleh Direktur Kerja Sama Keimigrasian, Agus Widjaja.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Tessa Harumdila, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Direktur Kerja Sama Keimigrasian. Kegiatan selanjutnya diskusi terkait sejarah serta tugas dan fungsi Direktorat Kerja Sama Keimigrasian. Telah dilakukan kerja sama bilateral dengan 16 negara dan Kerja sama multilateral dengan 10 forum. Kerja sama bilateral salah satunya menghasilkan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi, dengan adanya beasiswa perkuliahan dan pelatihan di Australia, Taiwan, Amerika Serikat dan Singapura.

Direktorat Kerja Sama Keimigrasian juga menghasilkan kerja sama multitural seperti, penerbitan kartu ABTC (APEC Business Travel Card) untuk negara-negara anggota APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) serta regulasi Bersama ASEAN Travel Corridor Arrangement (ATCAF) untuk negara-negara Asean di masa pandemi. Selain itu, Direktorat Kerja Sama Keimigrasian juga telah melaksanakan kerja sama antar Lembaga pemerintah dan pemerintah.

Dengan adanya panel diskusi dengan Direktur Kerja Sama Keimigrasian ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terkait tugas dan fungsi Direktorat Kerja Sama Keimigrasian.

Baca juga :  Transgender Cantik Nong Poy Disibukkan Pekerjaannya, Simak Rutinitasnya Berikut!