Dharmasraya, NAWACITAPOST.COM -Jalin Kesinambungan Organisasi dan Silaturahmi. Pelantikan Pengurus Dewan Pimpin Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat (Sumbar) periode 2021-2025.

Baca Juga : Satake dan Kabid Dokkes Polda Sumbar Bantu Korban Gempa

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD), AKP. PURN. Edison Hulu S.Th, Spd.k, M. Th disaksikan sekretaris Arius Zalukhu Sh Mh dengan menyerahkan langsung SK dan bendera petaka HIMNI tanda sah pelantikan kepada ketua DPC terpilih yakni Yobedi Ndruru dan wakil Khaidir Nasrul dengan sekretaris Fabius Februari Halawa, bendahara Fabo’osi Ndruru.

Pelantikan tampak meriah dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan, digelar di Komplek Auditorium Kantor Bupati, dihadiri
Bupati Dharmasraya diwakili staf Ahli Martoni, Danramil, Kapolres, tokoh kerapatan adat masyarakat Nias, dan pengurus DPC HIMNI se Sumbar, turut serta ratusan pemantau Nias lainnya. Sabtu (26/2/2022).

Pelantikan organisasi sesuai AD/ART berdasarkan surat keputusan ber-nomor 079/DPP-HIMNI /sk/x/2021 tentang struktur komposisi dan personalia DPC HIMNI Dharmasraya. Ditandatangani langsung oleh Ketua umum pusat Marinus Gea SE.M.Ak dan Sekretaris jenderal Otoli Zebua S.Th.

Selaku Ketua DPD Sumbar Edison Hulu kepada segenap pengurus HIMNI baru dan yang turut hadir di Auditorium menyampaikan, merasa sangat bangga dengan masyarakat Nias di Dharmasraya yang telah berjeripayah dalam mewujudkan kebersamaan antar sesama.

Dikatakan, Sejak berdirinya HIMNI dan terdaftar di Kemendagri Tahun 2021 hingga saat ini HIMNI telah terbentuk sebanyak 132 DPC di Kabupaten kota di Indonesia dan satu di luar negri.

Meski saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19, Edison berharap HIMNI terus bisa berjuang dalam pemantapan organisasi kedepan untuk lebih baik.

“Mari kita saling menguatkan dengan transfer energi, sehingga semua bisa semangat dalam menatap masa depan”, katanya.

Baca juga :  Menkumham Yasonna Laoly Akan Buka Rakernas HIMNI ke-6 di Jakarta yang Bertajuk "Transformasi Nias Menuju Nias Pulau Impian"

Edison mengungkapkan saat ini jumlah masyarakat Nias di Dharmasraya terdapat kurang lebih berjumlah sebanyak 3000 orang, Dia mengimbau untuk saling bersinergi baik dengan pemerintah daerah maupun antar sesama.

Selanjutnya Edison mengungkapkan harapannya, kepada bupati Dharmasraya agar bisa membantu warga HIMNI yang tinggal di Dharmasraya jika tertimpa musibah atau kemalangan dimana perantau Nias jauh dari kampung halaman.

“Kami tentu sangat berharap agar Bupati bisa dapat membantu dan dapat menyediakan tempat pemakaman bagi warga Nias rantau, ” harapnya.

Sementara Ketua terpilih DPC Yobedi Ndruru dalam kesempatan mengucapkan terimakasih dan rasa syukur dimana telah dipercaya sebagai ketua dpc HIMNI Dharmasraya.

Yobedi berjanji siap bekerja keras dan menjalankan tugas yang diamanahkan oleh DPP.

“Kami berjanji akan patuh dan taat menjalankan amanah dan siap mengikuti arahan dari DPD, ” ujarnya.

Staf Ahli Martoni mewakili Bupati dikesempatan itu memintakan permohonan maaf atas tidak dapat hadirnya bupati dikarenakan ada tugas kunjungan kerja yang tidak dapat di tinggalkan.

“Kami sampaikan permohonan maaf dengan ketidak hadirnya bupati dalam kegiatan ini, dimana kebetulan ada agenda kerja kunjungan kerja yang tak bisa ditinggal kan, ” katanya.

Selanjutnya Martoni mengatakan, sejatinya Bupati sangatlah mengapresiasi dengan kegiatan HIMNI, Bupati berpesan, kedepan pengurus HIMNI dan warga Nias dapat bekerja sama, berdampingan dan bergandengan tangan dalam membangun Kabupaten Dharmasraya.

Acara pelantikan terlihat sangat meriah apalagi diisi dengan menari bersama dengan tarian daerah MAENA dan memberikan sekapur sirih kepada tamu terhormat dan undangan yang hadir.

(Erwandi)